APLIKASI PELAPORAN TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN LOCATION BASED

Authors

  • Dwita Deslianti Fakultas teknik universitas muhammadiyah bengkulu
  • Pahrizal Pahrizal

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.359

Abstract

Maraknya kasus kekerasan dalam rumah tangga selama ini merupakan masalah sosial dan kemanusiaan yang perlu mendapat perhatian, khususnya di Kota Bengkulu. Korban tindak kekerasan yang umumnya adalah kalangan perempuan dan anak-anak. Kekerasan terhadap perempuan sering kali disebut sebagai kekerasan berbasis gender karena hal ini berawal dari subordinasi perempuan di masyarakat dan superioritas laki-laki. Dari permasalahan yang terjadi, penulis merancangkan sebuah aplikasi yang bisa memudahkan para pelapor untuk mengadukan kejadian yang sedang di alaminya melalui Smartphone berbasis android. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan Sistem pelaporan ini akan memudahkan masyarakat untuk melaporkan pengaduan kekerasan dalam rumah tangga dengan mudah dan cepat menggunakan internet kapan pun dan di mana pun tempatnya. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan terhadap Aplikasi Pemantauan Tindak Kekerasan Rumah Tangga (KDRT) Kota Bengkulu Menggunakan Location Based Service, maka dapat diambil kesimpulan Teknologi Location Based Service pada aplikasi pemantauan yang digunakan untuk pengambilan latitude, longitude dan jarak lokasi kantor polisi dapat diaplikasikan dan Aplikasi ini membantu mengatasi kendala pengaduan kekerasan dalam rumah tangga tanpa harus datang langsung ke kantor polisi.

References

E Abdurahman, H. & Riswaya, A. R., 2014. Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti. Jurnal Computech & Bisnis, Volume 8, Nomor 2.

Asnawati & Kusuma, G. P., 2011. Sistem Informasi Geografis (SIG) Fasilitas-Fasilitas Yang Ada Di Kota Bengkulu Berbasis Web. Jurnal Media Infotama, Volume 7, No. 2.

Chafid, N. & Mulyawan, A., 2017. Aplikasi Location Based Service Wedding Organizer di Kota Tangerang Selatan Berbasis Android. Jurnal Satya Informatika, Volume 2, Nomor 1.

Kusniyati, H. & Sitanggang, N. S. P., 2016. APLIKASI EDUKASI BUDAYA TOBA SAMOSIR BERBASIS ANDROID. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, Volume 9, Nomor 1.

Lengkong, H. N., Sinsuw, A. A. & Lumenta, A. S., 2015. Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps. E-journal Teknik Elektro dan Komputer, Issue 2301-8402.

Downloads

Published

2019-06-01
Abstract viewed = 739 times