PENERAPAN TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN SNACK TIWUL

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352

Abstract

Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah (BUEKA) adalah UMKM yang memproduksi snack tiwul. Permasalahan yang dihadapi BUEKA dalam proses produksi snack tiwul terletak pada masalah pemasaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibangun sistem digital marketing yang berfungsi untuk meningkatkan pemasaran snack tiwul. Produk digital marketing yang dibangun terdiri dari e-commerce, social media, marketplace online, ketiga elemen tersebut terintegrasi satu sama lain. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari empat tahapan yaitu analisis, desain, implementasi dan testing. Produk digital marketing yang diusulkan sebagai alternative solusi yang ditawarkan kepada mitra tergolong sederhana dan user friendly, hal tersebut untuk mempermudah pihak BUEKA untuk menggunakan digital marketing yang dibangun mengingat SDM Bueka tergolong gagap teknologi (gaptek). Dan apabila, BUEKA terus menggunakan produk digital marketing yang dibangun secara berkelanjutan, tentunya akan meningkatnya pengetahuan mitra mengenai teknologi digital marketing, dan akan berpengaruh pada meningkatnya jangkauan sebar pemasaran produk mitra menjadi lebih luas sehingga penjualan akan ikut meningkat, dan berdampak kepada profit yang lebih tinggi.

References

Badan Pusat Statistik. 2016. Tentang Produktivitas Ubi Kayu Menurut Provinsi di Indonesia. BPS.

Purwana Dedi, dkk, 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari Duren Sawit. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Julisar & Miranda Eka, 2013. Pemakaian E-Commerce untuk Usaha Kecil dan Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing. Jakarta:Binus University.

Priambada Swasta, 2017. Potensi Media Sosial bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Malang Raya. Malang:Universitas Brawijaya.

Rahmadi, dkk, 2015. Pengembangan Modul Freemium Aplikasi Tell-Us (Telkom University Store) Menggunakan Metode Iterative Incremental dan Framework Laravel. Bandung: Universitas Telkom.

Meidita, Yusrini, dkk. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan dan Loyalitas pelanggan pada E-Commerce (Studi Kasus: Shopee). Malang: Universitas Brawijaya.

Rohandi, Mochamat Malik Akbar, 2017. Effectiveness C2C E-Commerce Media in Bandung (Case Study at Tokopedia.com and Bukalapak.com). Bandung: Universitas Islam Bandung.

Downloads

Published

2019-06-28
Abstract viewed = 2950 times