Desain Sistem Edutaiment Berbasis Web di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Surya Ade Saputera Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Efni Yunita Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.343

Abstract

Sistem Informasi Berbasis Web pada SMA akan menunjang efisiensi dan efektifitas kerja dalam memberikan materi kepada siswa dan mempermudah jalanya komunikasi antar siswa dan guru  baik dari segi waktu maupun biaya. Adapun permasalahan yang akan di teliti pada SMA yaitu kurangnya minat belajar siswa dan cara pembelajaran yang kurang menarik yang disampaikan oleh guru sehingga akan menimbulkan kurang minat belajar siswa. Tujuan penulisan ini untuk mempelajari, menganalisis, dan membangun sistem edutaiment kedalam sebuah program  aplikasi berbasis Web. Adapun metode penelitian yang di gunakan adalah menggunakan model Incremental. Hasil akhir dari penelitian pada SMA adalah program aplikasi berbasis Web yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dan juga mempermudah untuk memberikan soal latihan maupun materi ke siswa supaya siswa bisa belajar sambil bermain, dan juga dapat  menampilkan informasi tentang pengumuman penting yang ada di SMA.

Kata Kunci   : Website, Sistem pembelajaran

References

Hamid, M.S. (2011). Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press

Freire, Paulo. 2013. Pendidikan Kaum Tertindas(Pedagody of The Oppressed). Jakarta: LP3ES.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba empat

Jogiyanto, H.M., 2005, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta

Huda, Miftahul. 2013. Model-model PengajarandanPembelajaran. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. PengkajianPragmatik. Bandung: Angkasa

Booch, G., James Rumbaugh, Ivar Jacobson.The Unified Modeling Language User Guide,Addison Wesley, New York, 2005.

Widodo, Prabowo Pudjo. 2011. Menggunakan UML. Bandung: Informatika

Witten, Jeffery L, et all.2004.Metode Disain & Analysis Sistem (Terjemahan). Yogyakarta: Andi Offset.

Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Jurnal Informatika Mulawarman. Retrieved from http://ejournals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article /view/16.

R. S. Pressman, "The Incremental Model," in Software Engineering, A Practitioner's Approach, New York, McGraw-Hill Series in Computer Science, p. 36.

Ogedebe, P.M.,& Jacob, B.P. , 2012, Software Prototyping: A Strategy to Use When User Lacks Data Processing Experience. ARPN Journal of Systems and Software. VOL. 2, NO.6 , 2012, http://scientificjournals.org/journalofsystemsandsoftware/archive/vol2no6/vol2no6_4.pdf

Downloads

Published

2019-06-01
Abstract viewed = 271 times