Penerapan Algoritma Apriori Dalam Penentuan Best Seller Produk di FROZENIN.BUN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v5i2.2868

Abstract

Persaingan pasar pada dunia bisnis semakin berkembang, sehingga menuntut pelaku usaha untuk berkembang mengikuti kemajuan pasar serta selera konsumen. Pelaku usaha juga menghadapi kompetisi pasar. Oleh karena hal tersebut perputaran siklus hidup bisnis bagi pelaku usaha sangat penting bagi keberlangsungan proses bisnis selanjutnya. Hal tersebut dapat dilakukan oleh Frozenin.Bun dalam menganalisa perkembangan bisnisnya. Salah satu caranya dengan menentukan best seller pada produk frozen yang dijual oleh Frozenin.Bun. Dengan menerapkan algoritma apriori pada proses data mining dalam menentukan best seller. Dari hasil perhitungan data mining menggunakan algoritma apriori, bahwa produk yang sering dibeli adalah shrimp roll, egg roll dan tempura, dengan nilai confidance 63% dan nilai support 41%. Sehingga hasil ini dapat memberi rekomendasi kepada pihak pelaku usaha untuk meningkatkan produk dan lebih meningkatkan strategi penjualan produk untuk mencapai nilai keuntungan yang tinggi.

References

. Dini Silvi Purnia, A. I. (2018). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), Vol.2 No.2, November 2017, pp. 31~39.

. Edward Robinson Siagian, N. L. (2017). IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN SABUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE APRIORI . Majalah Ilmiah INTI, Volume 12, Nomor 2.

. Hermawati. (2013). Data Mining. Yogyakarta: Andi.

. Kusrini, L. E. (2010). Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset.

. Larose, D. T. (2005). Discovering Knowledge in Data. Canada: Wiley Interscience.

. Pane, D. K. (2013). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk (Studi Kasus KreditPlus). Jurnal, Vol.4, No.3, Agustus 2013, ISSN : 2301-.

. Sangadji, E. M. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: -.

. Sholik, M., & Salam, A. (2018). Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas. Techno.Com, Vol. 17, No. 2, 158-170.

. Siregar, S. R. (2014). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori. Medan: Pelita Informatika Budi Darma.

. Surmayanti, R. A. (2015). Penerapan Analysis Clustering Pada Penjualan Komputer Dengan Perancanganan. Study Kasus Toko Tri, (Vol. 1, pp. 50–59).

. Surti Kanti, R. E. (2017). IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN HANDPHONE OPPO STORE SDC TANGGERANG DENGAN ALGORITMA APPRIORI. jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek, p- ISSN : 2407 – 1846.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 164 times