Penerapan Business Model Canvas pada E-Commerce Toko H5 Jayapura

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v4i2.1671

Abstract

Seiring berkembangnya dunia bisnis seperti sekarang ini, e-commerce menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan dan memenangkan persaingan dalam hal bisnis dan penjualan produk. Bisnis yang akan dikembangkan sebaiknya dilakukan analisa secara mendalam terkait kelebihan dan kekurangan bisnis tersebut. Studi kasus penelitian pada Toko H5 yang bergerak dibidang fashion. Sistem pada Toko H5 yang secara keseluruhan masih konvensional menjadi permasalahan pertama yang ditemukan. Masalah lain datang selama masa pandemi, omset yang menurun cukup signifikan diperikarakan mencapai 50% dibanding sebelum masa pandemi. Business Model Canvas (BMC) adalah suatu model strategi bisnis yang menggunakan sembilan blok penting. BMC digunakan oleh perusahaan dan startup untuk mendapatkan wawasan tentang analisis model bisnis mereka. Penelitian ini menggunakan analisis proses bisnis yang dilakukan dengan metode BMC untuk menghasilkan e-commerce sehingga model bisnis yang ada kemudian dapat diubah menjadi model bisnis berbasis e-commerce di web. Tujuannya yakni mengoptimalkan kinerja terutama peningkatan sektor penjualan produk sehingga dapat meningkatkan omset pada Toko H5, karyawan menjadi mudah melakukan pendataan stok dan laporan penjualan, serta membantu pelanggan untuk berbelanja secara online melalui E-Commerce.

References

Dwi Yuli Prasetyo, “Website e-Commerce Penjualan Sepatu Sekolah Studi Kasus : Toko Sepatu Nadin di Tembilahan,†JUTI-UNISI (Jurnal Tenik Ind. UNISI), vol. 4, no. 1, p. 10, 2020.

A. I. Putra and A. Diana, “Perancangan E-Commerce dengan Business Model Canvas untuk Peningkatan Penjualan pada Toko Parfum,†Telematika, vol. 15, no. 1, pp. 19–28, 2020.

A. R. Fadillah and L. Fajarita, “Perancangan dan pembangunan aplikasi e-commerce berbasis web untuk meningkatkan penjualan pada toko jaket kulit naufal,†J u r n a l I D E A L I S, vol. 3, pp. 85–91, 2020.

A. D. Saputra and A. Widjaja, “Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Menggunakan Business Model Canvas Pada Cosy Distro,†J. IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 9–15, 2019.

H. Setiani and A. P. Wibowo, “RANCANG BANGUN WEBSITE E-COMMERCE PADA TOKO FUNITURE (Studi Kasus : King Akor’s Sragen),†p. 12, 2020.

S. Widiani, T. H. Pudjiantoro, and A. I. Hadiana, “PEMBANGUNAN MEDIA E-COMMERCE FAJAR TOSERBA TALAGA,†in Prosiding SNST ke-8 Tahun 2017, 2017, pp. 17–22.

Raushan Fikri Tunny and A. S. Aji, “NASKAH PUBLIKASI PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE PENJUALAN MENGGUNAKAN PAYMENT GATEWAY (Studi kasus: M22 Celluler Yogyakarta),†p. 12, 2020.

Downloads

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 612 times