MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING DI SMP NEGERI 2 LUBUK BASUNG

Authors

  • farida Guru SMP Negeri 2 Lubuk Basung

DOI:

https://doi.org/10.36085/jrips.v1i2.3604

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  penggunaan Model Reciprocal teaching terhadap aktifitas belajar siswa di SMP Negeri 2 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Action research). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIB SMP Negeri 2 Lubuk Basung dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial semester 1 tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 30 orang siswa. Alat atau instrumen yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Desain penelitian yang digunakan adalah model spiral. Satu putaran spiral terdiri dari langkah-langkah perencanaan, tindakan pemantauan, dan refleksi. Pada penelitian ini direncanakan terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan Prosedur Kerja terdiri dari Refleksi Awal pada tahap Siklus 1dan 2 ada kegiatan Rencana Pemecahan Masalah, Pelaksanaan tindakan, Pemantauan serta Refleksi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model reciprocal teaching yang dilakukan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari perubahan aktivitas siswa yang terjadi selama mengikuti proses belajar mengajar. Dalam aktivitas belajar guru memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih aktif di dalam kelompoknya, sehingga siswa lebih termotivasi dan berkonsentrasi pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Penggunaan model reciprocal teaching dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar dan mendorong semangat belajar siswa.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Reciprocal, Lubuk Basung

Downloads

Published

07/25/2022

How to Cite

farida. (2022). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING DI SMP NEGERI 2 LUBUK BASUNG. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 1(2), 155–169. https://doi.org/10.36085/jrips.v1i2.3604

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 35 times