Implementasi Kebijakan Penggunaan Dana Desa Dalam Menjaga Integritas Publik di Kecamatan Talegong Kabupaten Garut

(Studi Pada Desa Sukamulya Kec. Talegong Kab. Garut)

Authors

  • Yayan Yayan Andi Universitas Muhammadiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36085/jmpkp.v5i1.4814

Abstract

Permasalahan mendasar yang dihadapi pemerintah Desa dalam mengimplementasikan dana Desa adalah timbul praduga-praduga negatif dari publik. Sehingga pemerintah Desa saat ini di hadapkan dengan rendahnya kepercayaan publik dalam mengimplementasikan Dana Desa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana implementasi kebijakan Penggunaan Dana Desa dalam meningkatkan kepercayaan publik yang dilakukan oleh pelaksana Desa, studi di Desa Sukamulya Kecamatan Talegong Kabupaten Garut, serta tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui dan menganalisis implementasi kebijakan Penggunaan dana desa di desa Sukamulya Kecamatan Talegong Kabupaten Garut. Yang mana sempat beredar isu terkait adanya aksi demo dari sebagian masyarakat kepada pihak Desa Sukamulya terkait transparasi dana Desa. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih dengan pertimbangan bahwa metode ini diharapkan dapat diperoleh data yang sebenar-benarnya dan mampu mengkaji masalah penelitian secara mendalam sehingga dapat diperoleh hasil yang di harapkan. Adapun teori yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu teori dari Edward III (dalam Agustino 2008:153-154), terdapat empat variabel yang mempengaruhi dalam keberhasilan proses implementasi kebijakan, di antaranya : komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Dari hasil penelitian, peneliti yang ditemukan dilapangan terkait implementasi kebijakan penyelenggaraan dana desa di Desa Sukamulya Kec. Talegong Kab. Garut sudah berjalan dengan baik. tetapi dalam implementasi kebijakan Dana Desa di Desa Sukamulya Kec. Talegong Kab. Garut, berdasarkan varameter implementasi kebijakan terdapat kekurangan yang peneliti temui di lapangan yaitu struktur birokrasi terutama kurang keterbukaan kepada publik atau kurang kejelasan Standar Oprational Procedure (SOP) dalam aspek pelaksanan implementasi Dana Desa di  Desa sukamulya Kec. Talegong Kab. Garut.

 

 

References

Bewa Ragawino.2005. Sistem Peraturan Perundang-undangan Republik Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik Universitas Padjadjaran.

Chalid Pheni. 2010. Teori danlsu Pembangunan. Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka.

Darmi, T.,.M. & Mujtahid, M ( 2019). Peningkatan Kapasitas Kebijakan Dana Desa Dalam Mengentaskan Kemiskinan. Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS). Vol 3, No 1. Pp. 547 – 566.

Darmi, T., & Mujtahid, I. M. (2021). Exploring Village Funds Management on The Perspective Capacity Village Apparatus’s of Bengkulu Province in 2018-2019. Journal of Governance and Public Policy, 8(3), 195-205.

Dunn, William N. 2000. Pengantar Ana/isis Kebijakan Publik. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Edwards III, George C. 1980. Implementing Publik Policy. Washington Congressional Quarterly Inc.

Ikhsan M, Santoso Agus, Harmanti. 201 1. Administrasi Keuangan Publik. Jakarta Penerbit Universitas Terbuka.

Islamy, Irfan M. 2000. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta : Bina Aksara.

Iswanto Yun. 2005. Manajemen Sumber Daya Xfwwsiu. Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka.

Kismartini, dkk. 2012. Analisis Kebijakan Publik. Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka

Moleong, Lexy. 2001. .Metodologi Penelitian Kualilatif. Bandung. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Sedarrnayanti Hj. 2004. Good Governance. Bandung. Penerbit Mandar Maju Sundarso, dkk. 201 I. Teori Administrasi. Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka.

Thoha, Mifta 1983. Perilaku Organisasi. Yogyakarta. Univerasitas Gajah Marla. Penerbit PT RajaGrapindo Persada.

Wasistiono, Sadu. 2002. Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Bandung. Penerbit Alqaprint Jatinangor.

Widjaja, Haw. Otonomi Daeruh dan Daerah Oronom. 2001. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Widodo, Joko. Good Go•ernance. 2001. Sidoarjo. Penerbit Insan Cendekia.

Yin, Robert K. 2002. Studi Kasus (Desain dan Metode). Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2023-03-31
Abstract viewed = 76 times