PERAN MAHASISWA DALAM MEMBANTU LITERASI, NUMERASI, ADMINISTRASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SD NEGERI 73 KOTA BENGKULU MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR

Penulis

  • RANI Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Diah Khairiyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ahmad Sumarlan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Desi Fitria Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yulian Fauzi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.3870

Abstrak

Indonesia sekarang ini sedang membutuhkan tenaga mahasiswa untuk membantu Bapak/Ibu Guru Sekolah Dasar untuk dapat kesempatan belajar secara optimal. Kita dapat mengembangkan diri, khususnya kreativitas, kepemimpinan, dan kemampuan interpersonal lainnya melalui pengalaman ini. Untuk itu Bapak Menteri mencetuskan program Kampus Mengajar. Kampus Mengajar membuka ruang bagi mahasiswa untuk bisa mendarmabaktikan kecakapan untuk mengaktualisasikan passion, semangat dan keinginan mahasiswa serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu siswa sekolah dasar. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 bulan dan bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengembangkan diri, berperan serta membantu pihak sekolah memberikan pelayanan pendidikan kepada siswa sekolah dasar. Mahasiswa yang mengikuti program ini melalui beberapa tahap yaitu pendaftaran, seleksi, pembekalan, penugasan, dan terakhir penarikan mahasiswa. Pada saat penugasan, mahasiswa ditugaskan di berbagai lokasi sekolah terpilih. Salah satunya SD Negeri 73 Kota Bengkulu. Adapun mahsaiswa dapat membantu berperan dalam membantu guru mengembangkan pembelajaran di kelas, membantu dalam pengelolaan manajemen administrasi sekolah, serta membantu dalam teknologi kepada guru dan staf sekolah. Hasil dari kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa yang belum tentu didapat melalui bangku perkuliahan dan bermanfaat serta membantu guru-guru di sekolah. Pelaksanaan Program Kampus Mengajar ini dapat memberikan bekal kepada mahasiswa bagaimana menjadi pribadi yang memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi pada negara melalui pendidikan.

Kata Kunci: Kampus Mengajar, Mahasiswa, Sekolah Dasar

Referensi

Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1).

Diretorat Jendral Pendidikan Tinggi. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar- Kampus Merdeka. Jakarta: Dierjen Dikti

kbbi.kemdikbud.go.id/entri/adaptasi

kbbi.kemdikbud.go.id/entri/administrasi

KBBI.KEMDIKBUD.GO.ID/ENTRI/TEKNOLOGI

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . 2020. Adaptasi Modul Literasi dan numerasi. Jakarta: Kemendikbud.

Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kemndeikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . 2021. Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1. Jakarta: Kemndikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2022. PANDUAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 3. Jakarta: Kemendikbud

Meilia, A.T; Erlangga, G. 2022.

“ Akutalisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar Di Indoensia.” Metodik DIdaktik; Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 17 (2): 120-28

Suhartoyo, Eko, Siti Ainun Wailissa, Saika Jalarwati, Samsia Samsia, Surya Wati, Nur Qomariah, Elly Dayanti, Imas Mulani, Imam Mukhlish, Muhammad Holqi Rizki Azhari, Hidayatulloh Muhammad Isa, and Ilham Maulana Amin. 2020. “ Pembelajaran Kontreksutal Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) 1(3):161. Doi:10.33474/jp2m.vli3.6588

Setiawan, F., & Sukamto, S. (2021). Implementasi Kampus Mengajar Perintis (KMP) sebagai Cikal Bakal Penggerak Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 339–345. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8251

Diterbitkan

2022-10-06

Terbitan

Bagian

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstrak viewed = 274 times