PENDAMPINGAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI PERPUSTAKAAN PADA SMPS TAUTHIAH ARONGAN, KABUPATEN BIREUEN, PROVINSI ACEH
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.3874Abstrak
Kegiatan administrasi perpustakaan merupakan keseluruhan proses kegiatan yang dilakukan di perpustakaan dengan menggunakan fasilitas yang ada untuk memperlancar dan mempercepat tercapainya tujuan perpustakaan. Kegiatan harus dilakukan dengan terstruktur dan terencana, dimulai dari tahap perencanaannya seperti pengadaan buku-buku atau bahan informasi yang dibutuhkan.Hal tersebut dilakukan karena perpustakaan SMPS TAUTHIAH ARONGAN belum ada adimistrasi perpustakaanya yang mana seharusnya perpustakaan sekolah sudah punya pencatatan jumlah buku, peraturnan/tata-tertib, perpustakaan dan cara sistem pinjam meminjam buku di perpustakaan. Dengan adanya program kampus mengajar (MBKM) yang mana salah satu ruang lingkup kampus mengajar adalah dukungan sekolah dalam bidang administrasi dan manejerial sekolah. Kegiatan ini merupakan salah satu tindakan dan tujuan dari Kampus mengajar bersama MBKM untuk meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah. Salah satu pusat literasi sekolah adalah perpustakaan maka dari itu kami mengoptimalkan pusat kontrol pada perpustakkan jika perpustaakkanya sudah tersusun administrasinya dengan bagus maka literasi juga akan meningkat. Keuntungan dari kegiatan ini adalah staf perpustakkan sudah bisa administrasi perpustakaan dan administasi perpustakkan sudah mudah di pahami oleh semua yang berkunjung di perpustakaan.
Kata Kunci: Kampus Mengajar(MBKM), Administrasi perpustakaan,Smps Tauthiah Arongan
Referensi
Arif, Nur Saiful; Wanda, A. P. M. A. (2013). Aplikasi Administrasi Perpustakaan Berbasis Web Smk Swasta Brigjend Katamso Medan. Jurnal Ilmiah Saintikom, 12(1), 25–36.
Fahmi, A. (2022). Manajemen Perpustakaan Modern Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan …, 10, 52–56. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary/article/viewFile/5118/3369
Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar KEMDIKBUD di Sekolah Dasar. Dedikasi, 1(2), 1–8.
Herlina, N. (2018). Rancangan Sistem Informasi Peminjaman Dan Pengembalian Buku Pada Perpustakaan Sopsau Dengan Metodologi Terstruktur. Jurnal Online Mahasiswa Sistem Informasi Dan Manajemen Informatika, 2(1), 115–140.
Irmanella, S., & Ardoni. (2013). Pembuatan Buku Pedoman Perpustakaan sebagai Sarana Promosi di Perpustakaan Umum Gunung Bungsu. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 630–639. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/2457
Library, S., System, M., Ridwan, P., Sudarsana, U., & Rahmatulloh, T. (2021). Kinerja Pustakawan Layanan Sirkulasi Dalam Memanfaatkan Senayan Library Management System (SLiMS). Nusantara Journal of …, 4(1), 75–88. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JILS/article/view/1199
Nurmiyanto, A.; Rahmani, D. (2014). buku panduan km3. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115. file:///C:/Users/HP/Downloads/admin,+44.+Artikel.2013.Vivi15+Hal+224-232-jik.pdf
Prayoga, W. D., Bakri, M., & Rahmanto, Y. (2020). APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS OPAC ( ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG ) DI SMK N 1 TALANGPADANG. 1(2), 183–191.
Setiorini, H., Yusmaniarti, Y., & Marini, M. (2020). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Sekolah Langit Biru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(3), 393–398. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i3.1021