ADAPTASI TEKNOLOGI DAN PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI DI UPTD SD N 076696 SIFALAETE GUNUNGSITOLI

Penulis

  • Kurnia Santosa Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ria Anggraini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Kiagus Baluqiah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.3712

Abstrak

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang memiliki tujuan untuk mengajar, membantu teknologi, dan membantu administrasi sekolah dan guru. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran dari program Kampus Mengajar adalah UPTD SD NEGERI 076696 SIFALAETE yang terletak di Desa Sifalaete, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Pada program Kampus Mengajar ini, mahasiswa yang ditunjuk untuk mengikuti program memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah dalam proses mengajar, membantu adaptasi terhadap teknologi, dan membantu administrasi sekolah. Selain itu, mahasiswa Kampus Mengajar memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki karakter siswa dan meningkatkan minat belajar siswa selama masa pandemi ini. Tujuan dari keikutsertaan mahasiswa dalam program Kampus Mengajar ini merupakan sebuah proses dalam menambah relasi, menambah pengalaman di luar dunia perkuliahan, mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam pembangunan, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan pendidikan di Indonesia.

Kata Kunci: Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi

Referensi

Afifah, A. W., & Yudha, R. K. (2022). PENGABDIAN MASYARAKAT DALAM KEGIATAN BELAJAR ANAK-ANAK DI KELURAHAN SUKA MERINDU. JIMAKUKERTA Jurnal Ilmiah Kuliah Kerja Nyata UM BENGKULU, 114. Retrieved 2022, from http://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA

Anugrah, T. M. (2021). IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, III, 39.

Dr. Muhammad Hasan, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN (I ed., Vol. I). (S. S. Uswatun Khasanah, Ed.) Klaten, Jawa Tengah: Tahta Media Group. Retrieved Mei 2021

Hanifa, S. W. (2022). MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI DAN ADAPTASI TECHNOLOGI SERTA MEMBANTU ADMINISTRASI SEKOLAH DI SDIT AL-YASIIR. JIMAKUKERTA UM BENGKULU. Retrieved from http://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA

Kemendikbud.RI. (2022). BUKU SAKU TANYA JAWAB KURIKULUM MERDEKA. Jakarta: Kemendikbud.RI. Retrieved from ult.kemdikbud.go.id

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL PAUD, D. D. (2021). PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH (Vol. I). (S. Handini, Ed.) Senayan, Jakarta, Indonesia: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved April 2021

Marnaek, Z., Tasya, Mahdijaya, Rustinar, E., Yuniarti, I., Rahmanzah, A. W., & Sepika, S. (2022). OPTIMALISASI LITERASI SISWA SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA BENGKULU. JIMAKUKERTA Jurnal Ilmiah Kuliah Kerja Nyata UM BENGKULU, 4. Retrieved from http://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA

Meilia, A. T., & Erlangga, G. (2022, Januari). AKTUALISASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI RUANG KONTRIBUSI MAHASISWA TERHADAP PENDIDIKAN DASAR DI INDONESIA. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 17, 9.

Prof.Dr. Munir, M. (2017). PEMBELAJARAN DIGITAL. Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Alfabeta, CV. Retrieved November 2017

Septianti, N., & Afiani, R. (2020, Maret). PENTINGNYA MEMAHAMI KARAKTERISTIK SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN CIKOKOL 2. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2, 11. doi:https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Diterbitkan

2022-08-30

Terbitan

Bagian

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstrak viewed = 179 times