SOSIALISASI PENDIDIKAN AGAMA SEJAK DINI DI SAWAH LEBAR BENGKULU

Penulis

  • 1819250032indah dewilestari1819250032 University of muhammadiya bengkulu
  • Harlex Grosfigo Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Wulan Angraini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.3313

Abstrak

Mahasiswa menyandang peran sebagai problem solver, motivator, dan fasilitator saat melaksanakan KKN. Mahasiswa membagikan pengalaman, ilmu pengetahuan, teknologi, dan beberapa hal lainnya dalam memberikan pengarahan kepada masyarakat sebagai upaya untuk mencapai tujuan pelaksanaan KKN. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa salah satunya di Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) yang dikembangkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan KKN ditujukan untuk menumbuh kembangkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan KKN diharapkan dapat membentuk mahasiswa menjadi pribadi yang tangguh, unggul, memiliki kepribadian mulia, serta memiliki jiwa kepemimpinan ketika sudah terjun di masyarakat. Pendidikan nonformal memiliki sejumlah program yang menjadi bidang kegiatannya, salah satunya pendidikan anak usia dini. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah upaya orang dewasa untuk mengasuh anak usia dini dengan memberikan rangsangan pendidikan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental sejak anak dilahirkan sampai anak tersebut dianggap cukup dewasa untuk menghadapi masalah sehingga kelak anak siap untuk pendidikan dasar dan kehidupan selanjutnya. Dalam hal ini pendidikan tidak benar-benar dilakukan setelah usia sekolah dasar, tetapi pendidikan harus dilakukan sesegera mungkin atau segera setelah anak baru lahir.

Kata Kunci: Paud, Anak, KKN

Referensi

Krisnawati, A., & Farid Ma’ruf, M. (2016). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Konsep Pertanian Perkotaan (Urban Farming) (Studi Pada Kelompok Tani Elok Mekar Sari Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya). Publika, 4(4), 1–11.

Suryani, L. (2007). Analisis Permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Masyarakat Indonesia. Jiv, 2(1), 42–48. https://doi.org/10.21009/jiv.0201.6

Ukkas, I. (2017). Pengembangan SDM Berbasis Pelatihan Keterampilan Dan Pemberdayaan Pemuda. Prosiding Seminar Nasional, 03(1), 120–125. https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/830/0

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. 2014., Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung :PT. Refika Aditama.

Diterbitkan

2022-09-09

Terbitan

Bagian

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstrak viewed = 77 times