MENGELOLA DAUN KELOR MENJADI KUE BOLU

Penulis

  • Anisyah Oktariani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Calvin Andrean Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nadea Apriliani Universitas muhammadiyah bengkulu
  • Fevi Rahma Safitri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Syukri Amin Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4242

Abstrak

Tujuan dilaksanakannya Kuliah Kerja Nyata (KKN) kepada masyarakat ini adalah untuk membantu para pelaku usaha dalam memberikan Edukasi tentang cara mengelola daun kelor menjadi kue bolu. Daun kelor merupakan tanaman lokal yang mengandung zat gizi yang tinggi, berupa sayuran yang multiguna. Hampir semua bagian dari tanaman kelor ini dapat dimanfaatkan ,karena mengandung senyawa aktif dan gizi lengkap. Daun kelor juga kaya vitamin A dan C khususnya betakaroten yang ada pada vitamin A. Namun pemanfaatannya sebagai bahan pangan masih sangat rendah. Agar zat gizi yang terkandung dalam daun kelor dapat dimanfaatkan tubuh, maka perlu diolah menjadi makanan yang digemari oleh masyarakat seperti hal nya pembuatan bolu dari daun kelor. Karena itu, tim pengabdian masyarakat melakukan kegiatan pengabdian di Kampung Bali dengan melaksanakan pelatihan pembuatan bolu dari daun kelor. Dalam pengabdian kegiatan masyarakat ini, masyarakat Kampung Bali di berikan pemahaman tentang kandungan gizi dari daun kelor dan mampu mengaplikasikan kelor dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, masyarakat dilatih dalam pengolahan daun kelor untuk pembuatan bolu. Berdasarkan kegiatan pengabdian masyarakat ini, sebagai tindak lanjut diharapkan kepada masyarakat untuk ambil bagian dalam melakukan kegiatan pelatihan dalam pembuatan bolu dari daun kelor.

Kata Kunci: Daun Kelor, Kue Bolu

Referensi

Kasolo, J., Bimenya, G., Ojok, L., Ochieng, J., & Ogwal-Okeng, J. (2010). Phytochemicals adn uses of Moringa Oleifera leaves in Ugandan rural communities. Journal of Medicinal Plants Research, 4(2), 753–757. https://doi.org/10.5897/jmpr10.492

Srikanth, V. S., Mangala, S., & Subrahmanyam, G. (2014). Improvement of Protein Energy Malnutrition by Nutritional Intervention with Moringa Oleifera among Anganwadi Children in Rural Area in Bangalore, India. International Journal of Scientifi c Study, 2(1), 1–2.

Winarno, F.G. (2018). Tanaman Kelor (Moringa oleifera): Nilai Gizi, Manfaat, dan Potensi Usaha. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zakaria, Z., Nursalim, N., & Tamrin, A. (2016). Pengaruh Penambahan Tepung Daun Kelor Terhadap Daya Terima Dan Kadar Protein Mie Basah. Media Gizi Pangan, 21, 73–78.

Diterbitkan

2022-03-06

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 2 No 3 2022
Abstrak viewed = 152 times