EDUKASI PEMAHAMAN THAHARAH PADA SISWA SD ISLAM FATMA KENANGA KOTA BENGKULU

Penulis

  • Silvia Fajarriska Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Apriza Fitriani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dedy Novriadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstrak

SD Fatma Kenanga terletak di Kelurahan Kebun Kenanga Kecamatan Ratu Agung Provinsi Bengkulu dan memulai tahun ajaran pertamanya di tahun 2015/2016. Thaharah menurut bahasa artinya bersih, suci, terbebas dari kotoran. Sedangkan thaharah menurut istilah adalah menghilangkan hadast atau najis yang akan menghalangi ibadah-ibadah yang di lakukan menggunakan air maupun dengan tanah. Tujuan dari dilaksanakannya pelatihan dan sosialisasi ini dimaksudkan supaya dapat membantu siswa-siswi dalam memahami tata cara ibadah sehari-hari, dan adapun praktek juga merupakan program kerja yang dilaksanakan agar anak-anak dapat mengetahui tata cara bertayamum, wudhu, dan sholat yang baik dan benar sesuai ajaran Rasulullah SAW. Dalam program kerja yang telah  disusun terdapat beberapa metode yang telah diajarkan untuk mendukung dan mempermudah pelaksanaan. Metode tersebut  antara lain: 1. Pelatihan dan sosialisasi tentang cara berthaharah pada siswa sekolah Metode kegiatan yang digunakan adalah pelatihan dan sosialisasi kepada siswa-siswi SD Islam Fatma Kenanga. 2. Praktek tata cara ber tayamum, wudhu dan sholat pada anak sekolah metode kegiatan yang digunakan adalah praktek kepada anak anak SD Islam Fatma Kenanga. Dari hasil pengabdian ini terlihat siswa-siswi  sangat antusias dan ikut berpatisipasi dalam kegiatan dan juga para siswa-siswi dapat memahami materi sosialisasi serta dapat menerepkan di kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Siswa-siswi, Ibadah, Thaharah

Referensi

Firmansyah, Kholis, Rina Dian Rahmawati, and Ema Siti Nur Azizah. 2022. “Pendampingan Pembelajaran Praktek Tayamum Dan Wudhu Di TPQ Al-Khasanah Desa Barong Sawahan.” Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1):33–34. doi:10.32764/abdimas_agama.v3i1.2543.

Jamaluddin. 2018. “Fiqh Al-Bi’ah Ramah Lingkungan; Konsep Thaharah Dan Nadhafah Dalam Membangun Budaya Bersih.” Jurnal Pemikiran Keislaman 29(2):332–35. doi:10.33367/tribakti.v29i2.600.

Nuraeni, Siti Herni. 2021. “Pelatihan Thaharah Dan Pengembangan Kreatifitas Anak Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Budi Mulia Plosoklaten Kediri.” 2(2):80.

Pulungan, Sahmiar, Sarudin, Nur Wulan, and Dharmawanti. 2021. “Peningkatan Pemahaman Tata Cara Berwudhu Bagi Anak-Anak Di Lingkungan 1 Keluruhan Pahlawan.” 2(1):1146.

Safrawali. 2021. “Belajar Agama Islam Di Era Digital : Fenomena Akses Informasi Keagamaan Melalui Media Sosial.” Jurnal Sains Sosio Huaniora 5(1):687–89.

Ummah, Imas Masrufatul dkk. 2020. “Pelaksanaan Praktik Ibadah Siswa Kaitannya Dalam Pembiasaan Perilaku Tertib Shalat (Tuma’ninah) Di Mts Mafatihul Huda.” 1(2):4–5.

Diterbitkan

2022-04-20

Terbitan

Bagian

Edisi April Vol 3 No 1 2023
Abstrak viewed = 162 times