JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN PADA ANAK DI DESA AIR MELES

Penulis

  • Anjas Prasetiyo Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ivan Achmad Nurcholis
  • Risnanosanti Risnanosanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rahmat Jumri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Adi Asmara Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.3936

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Di Desa Air Meles Bawah terdapat permasalahan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian bilangan. Operasi hitung perkalian sebagai penjumlahan secara berulang. Rendahnya kemampuan siswa kemungkinan dipengaruhi oleh teknik pembelajaran yang kurang efektif, serta belum optimal pengembangan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Solusinya adalah penulis menyiapkan program kerja penggunaan operasi tangan atau dikenal dengan jarimatika untuk membantu operasi perkalian agar dapat memudahkan anak-anak menghitung perkalian yang sering kali dilupakan dan sulit bagi mereka untuk mengoperasikannya. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah lembar kerja siswa berupa seperti angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah anak-anak yang mengikuti bimbingan belajar pada masing – masing kelas, sebanyak kurang lebih 30 orang anak. Setelah menggunakan jarimatika terdapat kenaikan untuk jawaban yang benar. Kemudian peningkatan kecepatan untuk menyelesaikan masalah matematika operasi perkalian, sudah terdapat peningkatan yang penulis rasakan jika diberi soal secara lisan tentang perkalian maka anak-anak sudah mulai terbiasa dengan jarimatika sehingga penyelesaian masalah matematika pun cepat terselesaikan.

Kata Kunci: jarimatika, perkalian, desa air meles bawah

Referensi

Afriani, Dini, Asri Fardila, Galih Dani Septian, Sdn Margakaya, Jln Ciranggon, Pasirjengkol Majalaya Karawang, Sdn Sukamaju, Kp Sukamaju, Padalarang Bandung Barat, Ikip Siliwangi, Jln Terusan, Jendral Sudirman, and Kota Cimahi. 2019. “Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Elementary Education 02(05):5.

Elita, Sandra-. 2012. “Efektifitas Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian Bagi Anak Kesulitan Belajar (Single Subject Research Di Kelas V SDN 24 Aie Angek Sijunjung).” E-JUPEKhu 1(1):32.

Himmah, Khusnul, Jamal Makmur Asmani, and Latifah Nuraini. 2021. “Efektivitas Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 1(1):57–68. doi: 10.35878/guru.v1i1.270.

Idham Sumirat, Trimurtini, Wayuningsih. 2017. “Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sd.” Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar 7(1).

Indah, Ratna Puspita. 2015. “Efektivitas Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar Kelas III.” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Komunikasi 8(2):1–7.

Indonesia, Undang-Undang Republik. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.” Udang-Undang Republik Indonesia 4:147–73.

Al Musthafa, Syaharuddin, and Vera Mandailina. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika.” JCES | FKIP UMMat 1(1):30. doi: 10.31764/jces.v1i1.71.

Tetty Khairani Nasution, Edy Surya. 2015. “PENERAPAN TEKNIK JARIMATIKA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN BILANGAN.” 05:1–8.

Unknown. n.d. “All About Matik_ Belajar Berhitung Dengan Jarimatika.”

Diterbitkan

2022-12-30

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 2 No 3 2022
Abstrak viewed = 109 times