IMPLEMENTASI LITERASI, NUMERASI, ADMINISTRASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SD NEGERI 3 PULAU PINANG MELALUI PROGRAM KAMPUS MERDEKA “KAMPUS MENGAJAR”

Penulis

  • Ratih lestiani universitas muhammadiyah
  • Yudi Partama Putra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ahmad Junaidi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nensi Yuniarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Melki Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.3872

Abstrak

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilakukan mahasiswa secara kolaborasu di bawah bimbingan guru dan dosen pembimbing untuk memberdayakan mahasiswa guna mengembangkan wawasan, karakter dan Soft Skills mahasiswa; serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam membangun nasional dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama di berbagai Desa/Kota, Salah satunya adalah SDN Pulau Pinang yang bertempat di Kabupaten Lahat, Kota Palembang. Pada program ini, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah pada proses mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu andministrasi sekolah juga meningkatkan literasi dan numerasi  terutama saat pandemi dimana Pendidikan di Indonesia bisa terbilang mundur dan harus dikejar untuk memajukannya kembali, oleh karena itu Indonesia sedang membutuhkan mahasiswa untuk membantu adik-adik sekolah untuk mendapat kesempatan belajar optimal di kondisi pasca pandemi seperti sekarang ini. Hasil dari program ini yakni sebagai penanaman empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya terutama bidang pendidikan; mengasah keterampilan dan problem solving dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu, agama dan ragam asal mahasiswa.

Kata Kunci : Kampus Mengajar Angkatan 3, Adaptasi Teknologi, Minat Belajar Siswa, Proses Mengajar

Referensi

Aan, w., saidatul, i., & kholida, f. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik didaktik jurnal pendidikan ke-sd-an, 16(2), 102–107.

Artikel pengabdian km_susilawati. (n.d.).

Fikri, m. I. F. (n.d.). Infomation and comunication technology ( ict ) by mi ahul fikri.

Hermawan, r., rumaf, n., & solehun, s. (2020). Pengaruh literasi terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas iv sd inpres 12 kabupaten sorong. Jurnal papeda: jurnal publikasi pendidikan dasar, 2(1), 56–63. Https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411

Huriyatunnisa, a. (2022). Penerapan adaptasi teknologi bagi guru sekolah dasar dalam menunjang pembelajaran dalam jaringan (daring) di masa pandemi. Jurnal basicedu, 6(2), 3163–3173. Https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2548

Industri, r. (2020). Fitrah: journal of islamic education konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0 article history. 1(1), 141–157. Http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah

Kemedikbud. (2021). Panduan program km angk. 1. Panduan kampus mengajar, 1. Http://repositori.kemdikbud.go.id/22633/

Kemendikbud. (2020). Adaptasi pembelajaran berorientasi literasi dan numerasi. September, 1–30.

Kementrian pendidikan, kebudayaan, r. Dan t. (2021). Modul literasi numerasi di sekolah dasar. Modul literasi numerasi di sekolah dasar, 1, 22.

Http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2 modul literasi numerasi.pdf

Laporan akhir km3 rati lestiani. (n.d.).

M. Anas, mochamad muchson, sugiono, r. F. (2021). Rengganis jurnal pengabdian masyarakat pengembangan kemampuan guru ekonomi di kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimum ( akm ). 1, 48–57.

Rachman, b. A. R., firyalita sarah fidaus, nurul lailatul mufidah, halimatus sadiyah, & ifit novita sari. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. Dinamisia : jurnal pengabdian kepada masyarakat, 5(6), 1535–1541. Https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Tohir, m. (2020). Buku panduan merdeka belajar - kampus merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte

widyantoro, m., zulfadhli, m., ismaniah, hamdani, h., & rahmawati, n. k. (2022). upaya peningkatan literasi dan numerasi. jurnal pengabdian masyarakat bumi raflesia, 5(2), 904–908.

Diterbitkan

2022-10-06

Terbitan

Bagian

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstrak viewed = 138 times