PROGRAM MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN LITERASI, NUMERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, DAN ADMINISTRASI DI SDN RENTUNG

Authors

  • Susilawati universitas muhammadiyah bengkulu
  • Yusmaniarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ummul Khaira Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Cairul Suhendra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nensi Yuniarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Kampus Mengajar adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk memperkaya kompetensi mahasiswa dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kelas dengan memberikan asistensi kepada guru dan tenaga kependidikan di tingkat pendidikan dasar. Kampus Mengajar Angkatan 3 ini telah dilaksanakan selama kurang lebih 5 bulan di tahun 2022. Sekolah yang menjadi sasaran dari program ini adalah Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia yang berada di daerah 3T (tertinggal, terluar, dan terdepan), agar mengejar tertinggalnya setelah era gempuran Covid-19 agar meningkatnya  pendidikan. Hal-hal yang harus dilakukan para mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran yaitu ada 4 hal diantaranya, membantu proses pembelajaran pelajaran Bahasa Indonesia (literasi), membantu proses pembelajaran matematika (numerasi), membantu adaptasi teknologi dan membantu administrasi sekolah. Dengan program ini, para guru merasa terbantu dan dapat bertukar pikiran, selain itu siswa menerima kami di sekolahannya dengan  baik dan menjadikan mereka bermotivasi lebih tinggi dengan kehadiran  kami dari luar propinsi, mereka sangat terbantu dalam proses pembelajaran, terutama berkaitan dengan cerita tentang kondisi di daerah atau propinsi lainnya di Indonesia. Bagi kami, mahasiswa Universitas Muhammadiyah yang lolos program ini mendapatkan pengalaman belajar mengajar di sekolah, dan  pengalaman di lingkungan masyarakat.

Kata Kunci : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kampus Mengajar Angkatan 3, Sekolah Menengah Pertama.

References

Adellia, R., & Himawati, I. P. (2021). Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 142–150. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8063

Iriawan, S. B., & Saefudin, A. (2021). Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar 2021. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2021.

Mengajar, K. K., & Teknologi, A. (2022). E ISSN : 2808-5566 P : ISSN : 2808-7569 MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI DAN ADAPTASI TECHNOLOGI E ISSN : 2808-5566 P : ISSN : 2808-7569. 249–258.

Fauzi, T. I., Astuti, N. P., & Rahmawati, D. N. U. (2021). Program Kampus Mengajar (Pkm) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik Di Sdn 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Jurnal BUDIMAS, 03(02), 483–490.(Fauzi et al., 2021)

Studi, P., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. A. N. (2022). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah bengkulu 2022.

SURAT TUGAS PT UMB.pdf. (n.d.).

Pembelajaran, P., Dasar, S., & Pendahuluan, A. (2019). Pendampingan Proses Pembelajaran Guru Sekolah. 2(3), 201–210.

(Kemedikbud, 2021) Kemedikbud. (2021). Panduan Program KM Angk. 1. Panduan Kampus Mengajar, 1. http://repositori.kemdikbud.go.id/22633/

SUSILAWATI_LAPORAN AKHIR KM 2022 - Copy. (n.d.).

Widyantoro, M., Zulfadhli, M., Ismaniah, Hamdani, H., & Rahmawati, N. K. (2022). Upaya Peningkatan Literasi dan Numerasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 5(2), 904–908.

(Fahmi et al., 2021) Fahmi, A. R., Nopianti, H., Bengkulu, U., Dasar, S., & Mengajar, K. (2021). Pendampingan Mahasiswa Dalam Kegiatan Program. Applicable Innovation of Engineering, XIII, 27–28.

Yanuarsari, R., Asmadi, I., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2021). Peran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Meningkatkan Kemandirian Desa. Jurnal Basicedu, 5(6). (Yanuarsari et al., 2021)

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1828

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.

Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. (Rachman et al., 2021) https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Mantasiah, R., & Amir, A. (2019). Peran Penelitian Tindakan Kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru. In DEDIKASI. (Mantasiah & Amir, 2019)

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 38 times