MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LITERASI & NUMERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, SERTA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 SEPUTIH MATARAM LAMPUNG TENGAH

Authors

  • Shelly Risky Belyani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nensi Yuniarti ZS Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Budi Astuti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dinal Eka Pertiwi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rachmad Dody Ariesna STKIP Al Islam Tunas Bangsa, Lampung, Indonesia

Abstract

Mahasiswa sebagai agen perubahan dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia dengan berkontribusi dan berinovasi bersama membantu masyarakat. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program, dari konsep Merdeka Belajar yang memberikan ruang mahasiswa untuk mengembangkan diri serta berkontribusi, khususnya dalam permasalahan pendidikan. Di masa Pandemi Covid-19 telah menyebabkan Learning loss, yang sangat berdampak di dunia pendidikan. Dengan demikian, kampus mengajar merupakan salah satu kegiatan dari MBKM yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk berkontribusi membantu permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa yaitu membantu kegiatan belajar khususnya mengenai literasi & numerasi, adaptasi teknologi, serta membantu  a dministrasi sekolah. Program ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Seputih Mataram Lampung Tengah. Program mengajar menggunakan buku cetak dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Dalam meningkatkan literasi dilaksanakan dengan mengajak para siswa untuk membaca 15 menit di jam pertama pelajaran. Pada tahap adaptasi teknologi berikutnya diajarkan kepada para siswa menggunakan aplikasi pembelajaran yang ada di gadget dan laptop. Sedangkan di dalam adaptasi administrasi sekolah, pelaksanaannya membantu menata perpustakaan, pemberkasan dan pengarsipan data-data sekolah. Hasil dari kampus mengajar ini sangat membantu dan bermanfaat bagi mahasiswa, siswa, guru, maupun sekolah.

Kata Kunci: Kegiatan Belajar Mengajar, Teknologi, Admnistrasi.

References

Hikmawati, H. (2022). Melatih Soft Skills Mahasiswa Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 di SDN 10 Ampenan. Unram Journal of Community Service, 3(2), 30–37. https://doi.org/10.29303/ujcs.v3i2.1 90

Margareta, O., Juwita, P., Manihuruk, B., Hariyana, N., Pembangunan, U., Veteran, N., & Timur, J. (2022). Peran Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Komptensi Sdn Sepatan Iii Kabupaten Tangerang. 1(4), 316–324. https://etdci.org/journal/patikala/

Dirjen Dikti Kemendikbud. 2020. “Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka.” Merdeka Belajar- Kampus Merdeka 1–33

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid19.

Amajida Triska Meilia, G. E. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar Di Indonesia. 17(2), 120–128.

Apriliyani, N. V., Hernawan, D., Purnamasari, I., Goris Seran, G., & Sastrawan, B. (2022). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Governansi, 8(1), 11–18. https://doi.org/10.30997/jgs.v8i1.5045

Hulu, F. (2020). Pengaruh Kreativitas Belajar Dan Soft Skill Mahasiswa Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Pendidikan Bisnis 2016. Niagawan, 9(3), 263. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i3.20327

SETIONINGRUM, M. (2022). Pengabdian selama mengikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 3 di SDN MEDOWO 3. 1–23.

Shafa Widian Indria Hanifa, Eti Efrina, Nazar, Siti Misbah, R. (2022). E Issn : 2808-5566 P : Issn : 2808-7569 Meningkatkan Literasi Numerasi Dan Adaptasi Technologi E Issn : 2808-5566 P : Issn : 2808-7569. Meningkatkan Literasi Numerasi Dan Adaptasi Technologi Serta Membantu Administrasi Sekolah Di Sdit Al-Yasiir, 249–258

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 88 times