PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KOPETENSI SMPN 06 BENGKULU SELATAN

Authors

  • Luthfiana Intan Wahyu Ningrum Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Elfahmi Lubis Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septina Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 3, kegiatan ini  merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) berbagai desa/kota di Indonesia yang masih terakreditasi paling tinggi B atau sekolah yang masih tergolong kecil. Tujuan dilaksanakannya program Kampus Mengajar Angkatan 3 adalah Mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki mahasiswa untuk membantu proses pengajaran di Sekolah Dasar sekitar desa/kota tempat tinggalnya. Kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa yaitu membantu kegiatan belajar khususnya mengenai literasi dan numerasi, membantu kegiatan adaptasi teknologi, dan membantu kegiatan administrasi sekolah. Hasil dari kegiatan yang telah diselenggarakan yaitu adanya peningkatan yang signifikan siswa di SMP Negeri 06 Bengkulu Selatan dalam menguasai literasi dan numerasi. Pengajaran yang tidak hanya berada dalam kelas namun juga pendampingan secara pribadi kepada siswa yang belum menguasai literasi dan numerasi mampu menjadikan peserta didik tergugah niatnya untuk mempelajari kedua kompetensi tersebut. Mampunya guru di SMP Negeri 06 Bengkulu selatan dalam memanfaatkan program seperti Power Point dan video belajar yang menarik sebagai media mengajar di dalam kelas.. Terbantunya baik dari guru maupun pihak tata usaha sekolah dalam masalah administrasi di mana saya bersama tim membantu  Guru dalam mengawas pelaksanaan ujian, menata arsip-arsip file yang ada di ruang tata usaha, menata buku-buku di perpustakaan, serta membantu Guru dalam membuat soal-soal yang akan digunakan untuk ujian.

Kata Kunci : Kampus Mengajar, adaptasi teknologi, administrasi sekolah.

References

Anugrah, Tengku Muhamad Fajar. “Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi COVID-19 ( Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara ).” AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional 3, no. 3 (2021): 38–47.

Anwar, Rosyida Nurul. “Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 9, no. 1 (2021): 210–219.

Hamzah, Rahma Ashari. “Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar KEMDIKBUD Di Sekolah Dasar.” Dedikasi 1, no. 2 (2021): 1–8.

Hidayati. Fatkurahman. Suroto, Bambang. “Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik Di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah” 1 (2017): 122–128.

Issn, P, and Triana Oktavia Putri. “Jurnal Ekonomi Dan Bisnis , Vol . 11 No . 1 Juli 2022 E - ISSN Analisis Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Dalam Kegiatan Mengajar , Adaptasi Teknologi Dan Administrasi Pada Sekolah Dasar Negeri 1 Mlandangan Oleh :” 11, no. 1 (2022): 694–701.

Khoirunnisa, Fitriah, Ardi Widhia Sabekti, and Inelda Yulita. “Pengembangan Kemampuan Menulis Ilmiah Berbantuan Manajemen Referensi Mendeley Bagi Guru-Guru SMA / Sederajat Di Kabupaten Bintan Assistance for the Implementation of GMP in Tutok Shrimp Processing in Kuala Pusing Kapal Village.” Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakatda Masyarakat 4, no. 1 (2019): 8–13. https://journal-center.litpam.com/index.php/linov.

Lathif, Nazaruddin, Yenti Garnasih, Yennie K Milonno, Farahdinny Siswajanthy, Sapto Handoyo, and Mustika Mega Wijaya. “Implementasi Program Kebijakan Mbkm Untuk Menciptakan Karakter Mahasiswa Fakultas Hukum Yang Profesional.” PALAR (Pakuan Law Review 08, no. 01 (2022): 277–293. https://journal.unpak.ac.id/index.php/palar.

Nur Inah, Ety. “Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa Ety Nur Inah.” Al-Ta’dib 8, no. 2 (2015): 150–167.

Suhartoyo, Eko, Sitti Ainun Wailissa, Saika Jalarwati, Samsia Samsia, Surya Wati, Nur Qomariah, Elly Dayanti, et al. “Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) 1, no. 3 (2020): 161.

Widyaningsih, Sundari, and Irsad Rosidi. “Pengaruh Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Plantae.” Jurnal Pena Sains 2, no. 2 (2015).

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 112 times