PENANAMAN TUMBUHAN APOTIK HIDUP YANG PENUH DENGAN SEJUTA MANFAAT SAAT ERA PANDEMI DI SD MUHAMMADIYAH 1 KOTA BENGKULU

Authors

  • Tri Yuniarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ririn Putri Ananda Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Era pandemi virus covid-19 telah banyak merenggut nyawa manusia di seluruh dunia. Menjaga daya imun tubuh agar lebih kuat dengan meminum vitamin ataupun minuman herbal lain adalah hal yang sangat penting. Minuman yang bermanfaat untuk membantu menjaga daya imun tubuh agar tetap sehat yaitu dari tumbuhan apotik hidup. Tumbuhan apotik hidup adalah tumbuh-tumbuhan yang memiliki banyak manfaat sebagai obat alami, seperti jahe, lengkuas, kunyit, lidah buaya dan lain-lain. Selain untuk membantu menjaga daya imun tubuh dengan cara dibuat jamu, tumbuhan apotik hidup juga dapat digunakan sebagai obat. Melihat banyaknya manfaat dari tumbuhan apotik hidup, hal ini menggerakkan saya dan kelompok untuk membuat proker ini. Kegiatan ini akhirnya berlangsung dilaksanakan pada tanggal 23 September 2021. Sebelum melakukan kegiatan bercococok tanam ini, kami terlebih dahulu mencari bahan-bahan yang dibutuhkan, antara lain yaitu tanah yang subur, tempat untuk menanam/polibek, serta macam-macam tumbuhan apotik hidup yang akan ditanam. Kegiatan ini menghasilkan banyak tanaman dari tumbuhan apotik hidup dengan beberapa jenis tumbuhan seperti temulawak, jahe, lengkuas, lidah buaya, dan kunyit. Menanam tumbuhan apotik hidup adalah salah satu hal yang sangat positif dan bermanfaat, selain tumbuhannya berguna untuk kehidupan sehari-hari kegiatan ini juga dapat membuat lingkungan menjadi lebih asri dan mengisi waktu luang dengan hal yang positif. Alangkah baiknya juga memperhatikan proses penanaman dan pemilihan kualitas tanaman untuk hasil yang bagus dan manfaat dari setiap tanamannya bisa sangat dirasakan.

Kata Kunci: manfaat, tanaman, obat

References

Permadi, A. (2008). Membuat Kebun Tanaman Obat. Pustaka Bunda: Jakarta.

Harjono, Y., Yusmaini, H., & Bahar, M. (2017). Counselings the Utilization of Medicinal Plants and Planting of Medicinal Plants in Kampung Mekar Bakti. JPM Ruwa Jurai, 3, 16–21.

Hasnatul Salsabila, D., Andriyanto, R., Adinda Herdiannisa, Z., Yuli, S., Kesehatan Masyarakat, F., & Muhammadiyah Jakarta, U. (2021). Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ EDUKASI DAN MENANAM TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) DI MASA PANDEMI COVID-19. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Parawansah, P., Esso, A., & Saida, S. (2020). Sosialisasi Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Ditengah Pandemi di Kota Kendari. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 2018–2021.

Downloads

Published

2022-09-06

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 97 times