METODE FLASH CARD MENINGKATAN KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA MURID KELAS V SD MUHAMMADIYAH I KELURAHAN KEBUN ROOS

Authors

  • Demita Yunifar Imaniah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sinarman Jaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Banyak kendala yang harus dihadapi oleh sistem pendidikan di Indonesia. Salah satu kendalanya, adalah rendahnya mutu pendidikan di Indonesia yang membuat tujuan pendidikan belum tercapai secara maksimal. Standarisasi kualitas pendidikan di sekolah yang saya teliti ialah masih kurangnya fasilitas yang mendukung proses pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah tersebut sehingga membuat siswa tidak termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Minat motivasi merupakan modal utama ketika proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris sangat penting bagi siswa Indonesia karena Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional dan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Terlebih lagi di era globalisasi telah menempatkan bahasa Inggris menjadi bahasa yang seharusnya dikuasai oleh siapapun.  Oleh karena itu, penambahan kosakata seseorang secara umum dianggap bagian penting. Berdasarkan hasil Kegiatan yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa minat belajar Bahasa Inggris pada anak di SD Muhammadiyah masih belum sepenuhnya ikut andil bagian mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris ini. Pada poin ini penulis menemukan bahwa meskipun penggunaan media flash card sangat membantu proses pemerolehan kosakata Bahasa Inggris di SD Muhammadiyah I

 Kata Kunci: pembelajaran. Card, bahasa

References

Becker, J.P. dan Shimanda, S. (1997). The Open-Ended Apporach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: NCTM.

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan anak usia dini. Jogjakarta: Diva Press.

Knichalova, Alice. (2011). Phonetic Aspects in Teacin Enlis to Youn Learners. Bacelor Thesis. Masaryk University Faculty of Education Department of English Language and Literature.

Komachali, Maryam Eslahcar. 2012. The effect of Using Vocabulary Flash Card on Iranian Pre-University Students’Vocabulary Knowledge. Journal of International Education Studies Vol. 5 No.3 Juni 2012.

Santrock, John W.(2009). Perkembangan Anak. Edisi 11. Jakarta. Erlangga

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Komachali, M. E., & Khodareza, M. (2012). The effect of using vocabulary flash card on Iranian pre-university students’ vocabulary knowledge. International Education Studies, 5(3), 134–147. https://doi.org/10.5539/ies.v5n3p134

Downloads

Published

2022-09-09

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 43 times