PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN BIMBEL DI DESA KAYU MANIS

Authors

  • Candra Fangesti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Selvi Riwayati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Kiagus Baluqiah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Pendidikan adalah salah satu usaha dalam membangun kemampuan dan kepribadian anak menjadi lebih baik. Dalam masa pandemic Covid-19 ini, pelaksanaan kegiatan kegiatan pendidikan sebagian besar dilakukan secara daring, namun dalam pelaksanaannya terkadang mengalami hambatan dan kesulitan, seperti orang tua yang tidak dapat mendampingi anaknya selama pembelajaran online karena harus bekerja, kurangnya motivasi siswa dalam belajar, dan tugas yang diberikan oleh guru terlalu banyak. Tidak dapat dipungkiri lagi dari proses pembelajaran daring yang dilakukan selama ini banyak anak-anak yang kesulitan beradaptasi dengan sistem pembelajaran jarak jauh hal ini dikarenakan kurangnya ases internet untuk mendapatkan materi pelajaran yang diberikan oleh guru menjadi salah satu kendala yang harus dihadapi murid terutama didesa-desa terpencil. Kendala yang lain yaitu proses ilmu yang didapat tidak maksimal. Maka dari itu diperlukan suatu kegiatan bimbingan belajar. Kegiatan bimbingan belajar siswa akan memberikan manfaat kepada masyarakat umumnya dan memberi manfaat kepada siswa khususnya siswa sekolah dasar, oleh karena itu kegitan ini sangat membantu dalam proses belajar jarak jauh dirumah.

Kata Kunci: bimbingan, belajar, siswa

References

Anonymous. (2012), Pengertian Bimbingan Belajar, Perkuliahan.com. http://www.perkuliahan.com/pengertian-bimbingan--belajar/ (dibuka kembali pada 24 November 2016)

Ahman & Kartadinata, S. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Imperial Bhakti Utama.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79. http://103.55.216.55/index.php/lentera_pendidikan/article/viewFile/516/491

Downloads

Published

2022-09-09

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 32 times