PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DI SDN 52 OKU, BATURAJA, SUMATERA SELATAN

Authors

  • Anisya Triaulia Universitas Muhammadiyah Kota Bengkulu
  • Yupika Masryansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sinarman Jaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Berdasarkan program kampus mengajar yang dilaksanakan di SD Negeri 52 OKU, Baturaja didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa kegiatan-kegiatan di SD ini berjalan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, namun tidak berjalan dengan baik dikarenakan pandemi yang mengharuskan siswa untuk belajar melalui daringm hal ini kurang efisien dan membuat banyak siswa yang kekurangan dalam hal seperti membaca, menulis dan bahkan berhtung, serta untuk bagian teknologi pebantu pembelajaran, disini belum tersedia alat seperti infokus maupun media speaker. Dikarenakan kurangnya bantuan teknologi dari pihak sekolah, sehingga teknologi yang digunakan adalah teknologi seadanya yang dimiliki oleh mahasiswa kampus mengajar. Membantu administrasi sekolah berjalan dengan baik namun belum maksimal, dikarenakan bagian administrasi sepenuhnya diurus oleh operator sekolah, sehingga penulis hanya membantu administrasi seadanya. Dari hasil yang didapatkan diharapkan SD Negeri 52 OKU, Baturaja kedepannya dapat lebih baik lagi, baik dalam segi pembelajaran, Administrasi dan mendapatkan sarana prasarana yang memadai sehingga proses pembelajaran di SD Negeri 52 OKU, Baturaja dapat terlaksana dengan lebih baik.

Kata Kunci: Kampus Mengajar, Kompetensi Siswa, Meningkatkan Minat Belajar Siswa.

References

Afifah, A. W., & Yudha, R. K. (2022). PENGABDIAN MASYARAKAT DALAM KEGIATAN BELAJAR ANAK-ANAK DI KELURAHAN SUKA MERINDU. JIMAKUKERTA Jurnal Ilmiah Kuliah Kerja Nyata UM BENGKULU, 114. Retrieved 2022, from http://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA

Anugrah, T. M. (2021). IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, III, 39.

Dr. Muhammad Hasan, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN (I ed., Vol. I). (S. S. Uswatun Khasanah, Ed.) Klaten, Jawa Tengah: Tahta Media Group. Retrieved Mei 2021

Hanifa, S. W. (2022). MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI DAN ADAPTASI TECHNOLOGI SERTA MEMBANTU ADMINISTRASI SEKOLAH DI SDIT AL-YASIIR. JIMAKUKERTA UM BENGKULU. Retrieved from http://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA

Kemendikbud.RI. (2022). BUKU SAKU TANYA JAWAB KURIKULUM MERDEKA. Jakarta: Kemendikbud.RI. Retrieved from ult.kemdikbud.go.id

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL PAUD, D. D. (2021). PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH (Vol. I). (S. Handini, Ed.) Senayan, Jakarta, Indonesia: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved April 2021

Marnaek, Z., Tasya, Mahdijaya, Rustinar, E., Yuniarti, I., Rahmanzah, A. W., & Sepika, S. (2022). OPTIMALISASI LITERASI SISWA SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA BENGKULU. JIMAKUKERTA Jurnal Ilmiah Kuliah Kerja Nyata UM BENGKULU, 4. Retrieved from http://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA

Meilia, A. T., & Erlangga, G. (2022, Januari). AKTUALISASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI RUANG KONTRIBUSI MAHASISWA TERHADAP PENDIDIKAN DASAR DI INDONESIA. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 17, 9.

Prof.Dr. Munir, M. (2017). PEMBELAJARAN DIGITAL. Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Alfabeta, CV. Retrieved November 2017

Septianti, N., & Afiani, R. (2020, Maret). PENTINGNYA MEMAHAMI KARAKTERISTIK SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN CIKOKOL 2. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2, 11. doi:https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 28 times