PENINGKATAN ADAPTASI TEKNOLOGI DENGAN PELATIHAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) DI SMPN 3 BADAR KECAMATAN KETAMBE, ACEH TENGGARA,ACEH

Authors

  • Lidya Agustina UMB
  • Agung Suhadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Fetriani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Progam merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) adalah salah satu program yang diselengarakan oleh Kemdikbud. Program kampus mengajar merupakan salah satu program dalam program merdeka belajar kampus mengajar. Merdeka memiliki tujuan untuk mengajar membantu teknologi, dan membantu administrasi sekolah dan guru. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran dari program kampus mengajar adalah SMP Negeri 3 Badar, Desa Jonggar Kecamatan Ketambe Kabupaten Aceh Tenggara di Provinsi Aceh. Pada progam kampus mengajar ini mahasiswa yang tunjuk untuk untuk mengikuti program memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah dalam proses Berliterasi, Numerasi, membantu adaptasi terhadap teknologi, dan membantu administrasi sekolah. Selain itu, mahasiswa kampus mengajar memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki karakter siswa-siswi dan meningkatkan minat belajar siswa selama masa pandemi.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh Kemendikbud.Program Kampus Mengajar 3 tahun 2022 berfokus pada Literasi,Numerasi,Administrasi dan Adaptasi Teknologi siswa yang dilakukan di sekolah terdampak dan tertinggal. Tujuan kegiatan Kampus Mengajar yaitu (1) Mengetahui faktor permasalahan rendahnya minat baca siswa di sekolah  (2) Meningkatkan budaya Literasi dan Numerasi di sekolah (3) membantu Administrasi sekolah (4) Mahasiswa memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki karakter siswa dan minat belajar siswa selama masa pandemi ini. Subjek yang diangkat dalam penelitian ini ialah seluruh siswa SMP Negeri 3 Badar ,Kecamatan Ketambe,Kabupaten Aceh Tenggara,Provinsi Aceh disebabkan rendahnya pemahaman terhadap kemajuan teknologi siswa-siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi. Hasil Penelitian yaitu (1) dapat mengetahui penyebab rendahnya pemahaman siswa terhadap teknologi komputer (2) Peningkatan pemahaman teknologi komputer terhadap siswa-siswi SMP Negeri 3 Badar,Kecamatan Ketambe,Kabupaten Aceh Tenggara,Provinsi Aceh.

Kata Kunci: Adaptasi Teknologi, Literasi,Numerasi,Observasi

References

Dr. Hasan S, M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN. Klaten,jawa tengah: Tahta Media Group.

Hanifa, S. (2022). MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI DAN ADAPTASI TECHNOLOGI SERTA MEMBANTU ADMINISTRASI SEKOLAH DI SDIT AL-YASIIR. Bengkulu: JIMAKUKERTA UM BENGKULU.

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi penelitian Pendidikan . Yogyakarta: Academia edu.

IHM, N. (2010). penelitian dan pengabdian masyarakat pada perguruan tinggi. jurnaldikbud.kemdikbud.go.id.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: library.stiba.ac.id.

Oktavia. (2021). Pentingnya Menguasai Microsoft Office (Word,Excel,Power Point)Di Era Digital. kejarcita.

Rahma sartika, A. (2022). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word,Microsoft Excel dan Power Point Pada siswa-siswi di SMPN 4 KUTACANE. Bengkulu: Jurnal Sinergi Cendikia.

Syafnidawaty. (2020). OBSERVASI. Universitas Raharja.

Tekege, M. (2017). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SMA YPPGI NABIRE. JURNAL FATEKSA.

Zainul, Z. (2020). BUKU SAKU PENGABDIAN MASYARAKAT DAN IMPLEMENTASINYA Gagasan dan implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Basis Kegiatan Pengabdian Langsung dan Tak Langsung . Metro Lampung: CVV.LADUNY ALIFATAMA.

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 55 times