MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI DAN ADAPTASI TECHNOLOGI SERTA MEMBANTU ADMINISTRASI SEKOLAH DI SDIT AL-YASIIR

Authors

  • Shafa Widian Indria Hanifa Universitas muhammadiyah bengkulu
  • Eti Efrina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nazar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Siti Misbah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rifa’i Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.3686

Abstract

Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang mencakup dari empat aspek yaitu meningkatkan  literasi dan numerasi , membantu adaptasi teknologi, dan administrasi, hal ini berdasarkan tujuan dari program kampus untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama di berbagai Desa/Kota, salah satunya adalah SDIT AL-YASIIR Kota Bengkulu yang bertempat di Gg. Amalia 5, kecamatan singaran pati, Kota Bengkulu. Pada pelaksanaan proses mengajar penulis membantu, proses pembelajaran didalam kelas dengan menggunakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS). Selain itu, penulis juga melaksanakan kegiatan peduli membaca kepada siswa untuk melatih dan menambah referensi bacaan siswa.Pada tahap adaptasi teknologi penulis bersama guru mengajak para siswa melakukan kegiatan belajar dengan handphone. Dalam administrasi penulis membantu dalam menyiapkan perpustakaan yang dijadikan sebagai pusat kegiatan dan membaca bagi siswa, selain itu penulis juga membantu dalam pemberkasan dan pengarsipan data sekolah. Dalam kegiatan ini mahasiswa membantu proses mengajar, adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah maupun guru. Dan hasil pengalaman ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa program ini sangat membantu dan bermanfaat bagi mahasiswa, guru-guru maupun sekolah.

Kata Kunci : Mengajar, Adaptasi Teknologi, dan Administrasi.

References

Anon. 2021. “IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR SWASTA NURANI JAKARTA Dosen Universitas Esa Unggul Jakarta Surel : Khusnul.Fatonah@esaunggul.Ac.Id.” 5(September):194–205.

Dirjen Dikti Kemendikbud. 2020. “Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka.” Merdeka Belajar-Kampus Merdeka 1–33.

Fahmi, A. R., Heni Nopianti, Universitas Bengkulu, Sekolah Dasar, and Kampus Mengajar. 2021. “Pendampingan Mahasiswa Dalam Kegiatan Program.” Applicable Innovation of Engineering (XIII):27–28.

Hamzah, Rahma Ashari. 2021. “Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar KEMDIKBUD Di Sekolah Dasar.” Dedikasi 1(2):1–8.

Khotimah, Nurafni Rahayu, Riswanto, and Udayati. 2021. “Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Di Sd Negeri 014 Palembang Sumatera Selatan.” Sinar Sang Surya ( Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat ) 5(2):194–204.

Meilia, A.T; Erlangga, G. 2022. “Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar Di Indonesia.” Metodik DIdaktik; Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 17(2):120–28.

Muhamad, Tengku, and Fajar Anugrah. 1945. “IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 ( Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara ).” 3(3):38–47.

Nurhasanah, Anggun Diyan, and Heni Nopianti. 2021. “Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah.” SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 3:166–73.

Program, Pelaksanaan, Kampus Mengajar, Angkatan Iii, D. I. Sdit, and Al-yasiir Kota Bengkulu. 2022. LAPORAN AKHIR PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN III TAHUN 2022.

Sari, Siska Mayang, T. Abdur Rasyid, Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi, Ilmu Kesehatan, and Hang Tuah. 2019. “PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA ( TOGA ) PADA.” 3:1–7.

Suhartoyo, Eko, Sitti Ainun Wailissa, Saika Jalarwati, Samsia Samsia, Surya Wati, Nur Qomariah, Elly Dayanti, Imas Maulani, Imam Mukhlish, Muhammad Holqi Rizki Azhari, Hidayatulloh Muhammad Isa, and Ilham Maulana Amin. 2020. “Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) 1(3):161. doi: 10.33474/jp2m.v1i3.6588.

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 394 times