PENGEMBANGAN BIMBINGAN BELAJAR MASYARAKAT PADA MASA COVID 19 DI DESA BIOA SENGOK KABUPATEN LEBONG

Authors

  • Cici Agustiawati University of Muhammadiyah Bengkulu
  • Bintang Agustina Pratiwi University Muhammadiyah Bengkulu
  • Eli Rustinar University of Muhammadiyah

Abstract

Masa pandemik membuat pembelajaran disekolah tidak maksimal, berawal dari daring (online) hingga saat ini berkurangnya jam belajar siswa. Jika hal ini berkelanjutan akan berdampak pada kognitif siswa. Dalam rangka membantu anak menghadapi kesulitan belajar kami Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMB mengadakan program bimbingan belajar untuk anak. Metode yang digunakan dalam kegiatan bimbingan belajar Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah dengan pelaksanaan seminggu 4 kali pertemuan atau sesuai ketentuan, dengan sasaran kegiatan adalah Siswa TK dan SD kelas 1-6 yang beralamat di desa Bioa sengok Kecamatan Rimbo pengadang Kabupaten Lebong. Salah satu program yang diterapkan di Desa Bioa Sengok adalah Bimbingan Belajar Tujuan diadakannya program ini adalah :1) Untuk menciptakan kesadaran masyarakat akan pentingnya ilmu pengetahuan; 2) Untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, berkarakter, kreatif dan inovatif; 3) Untuk mendorong dan memotivasi anak-anak agar semangat dalam belajar dan meraih prestasi. Hasil dari program BIMBEL ini adalah anak-anak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu program BIMBEL ini juga dapat membantu siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan saat kegiatan pembelajaran di sekolah.

 Kata Kunci: pengembangan, bimbingan, belajar

Author Biographies

Cici Agustiawati, University of Muhammadiyah Bengkulu

[Bahasa dan Sastra Indonesia

Bintang Agustina Pratiwi, University Muhammadiyah Bengkulu

[ilmu kesehatan

Eli Rustinar, University of Muhammadiyah

[Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Eriany, P., Hernawati, L., & Goeritno, H. (2013). Studi Deskriptif Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Mengikuti Kegiatan Bimbingan Belajar pada Siswa SMP di Semarang. Psikodimensia, 13(1), 115–130.

Krisnawati, A., & Farid Ma’ruf, M. (2016). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Konsep Pertanian Perkotaan (Urban Farming) (Studi Pada Kelompok Tani Elok Mekar Sari Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya). Publika, 4(4), 1–11.

Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2), 88. https://doi.org/10.2307/257670.Poerwanto.

Thahir, A., & Hindriyanti, B. (2014). Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang. Konseli : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Raden Intan Lampung, Vol 1,(2), 55–66. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/671

Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Downloads

Published

2022-09-10

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 8 times