UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI, NUMERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI SERTA MEMBANTU ADMINISTRASI SEKOLAH MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3 STUDI KASUS SMP NEGERI 39 BENGKULU UTARA

Authors

  • Vivi RK Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Reni Kusmiarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program Kampus Mengajar saat ini adalah angkatan yang ketiga yang ditugaskan untuk mengajar sesuai dengan panduan Literasi dan Numerasi, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah dan guru. Salah satu sekolah yang menjadi tempat Kampus Mengajar yaitu SMP Negeri 39 Bengkulu Utara yang terletak di Batik Nau, Kecamatan Batik Nau, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu. Mahasiswa Kampus Mengajar juga memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki perilaku dan minat belajar siswa yang rendah,

Hasil dari program Kampus Mengajar ini yaitu sebagai proses dalam menambah relasi, menambah pengalaman di luar dunia perkuliahan, mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

Kata Kunci : Kampus Mengajar, Perilaku Siswa, Minat Belajar Siswa

References

Djaya, M. S. S. (2021). Buku pegangan dosen pembimbing lapangan program kampus mengajar angkatan 2 tahun 2021. Jakarta: SubPokja Kampus Mengajar.

Ekavia, A., Susyla, D., & Ananda, R. P. (2022). Upaya Pengingkatan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi di SMPN 39 Bengkulu Utara. Batara Wisnu: Indonesian Journal of Community Services, 2(2), 371–376.

Magdalena, I., Fauziah, S. fa, Sari, P. W., Berliana, N., & Tangerang, U. M. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 283–295.

Sofianto, A., & Zuhri, M. (2021). Hambatan Dan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Era Pandemi Covid-19 Di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 173–186. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.1841

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 61 times