PENGOLAHAN SAMPAH RUMAH TANGGA MENJADI PUPUK ORGANIK CAIR SEBAGAI SOLUSI PENGELOLAAN SAMPAH DAN PEMANFAATAN PEKARANGAN RUMAH DI DESA SIDOLUHUR DUSUN 7

Penulis

  • Zetik Yumini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Peldi Nopaldo Fransisco Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mentari Aprilia Elba Putri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nurul Ichsan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Retno Dewi Mayang Sari Marfuatun Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Tezar Arianto Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.2616

Abstrak

Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Bengkulu merupakan kegiatan yang berhubungan dengan berbagai disiplin ilmu dan berkaitan dengan berbagai sektor pembangunan. Dengan demikian pendekatan yang digunakan adalah pendekatan interdisipliner dan lintas sektoral.  Desa Sidoluhur Kecamatan Sukaraja Kabuptenn Seluma merupakan desa yang strategis, yaitu terletak tidak jauh dari kota Bengkulu. Dengan Luas wilayah adalah 693,00 Ha terdiri dari Tanah Sawah 70,00 Ha, Tanah Kering 570,00 Ha Tanah Basah 19,00 Ha, dan lahan Umun 163 Ha. Batas wilayah desa Sidoluhur Dusun 7 sebagai berikut: Sebelah Utara berbatasan dengan desa Cahaya Negri, Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Sumber Arum, Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Bukit Peninjauan 1 dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Sidosari. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan beragam penelitian yang telah dilakukan, dewasa ini semakin banyak dikenal berbagai bahan dan metode pembuatan pupuk organik cair. Sejatinya pembuatan pupuk organik cair juga harus disesuaikan dengan tujuan pembuatan pupuk organik, sehingga bahan dan manfaat pupuk akan sesuai dengan yang diharapkan.

Kata Kunci: Sampah Rumah Tangga, POC, Pekarangan

Referensi

Keraf, A.Sony. (2010). Etika Lingkungan Hidup: Jakarta: Kompas.

Krisnawati, A., & Farid Ma’ruf, M. (2016). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Konsep Pertanian Perkotaan (Urban Farming) (Studi Pada Kelompok Tani Elok Mekar Sari Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya). Publika, 4(4), 1–11.

Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2), 88. https://doi.org/10.2307/257670.Poerwanto.

Sarah, S., Witri, G., & Noviana, E. (2019). Error analysis of students in resolving a matter of fractions based on the type of error nolthing class v se-cluster 1 subdistrict of pekanbaru handsome soal bilangan pecahan berdasarkan tipe kesalahan nolthing kelas v se-gugus 1 kecamatan tampan kota Pek. Jom Fkip, 6(1), 1–9.

Diterbitkan

2022-04-30

Terbitan

Bagian

Edisi Januari Vol 2 No 1 2022
Abstrak viewed = 135 times