PENGABDIAN MASYARAKAT DI KELURAHAN PADANG HARAPAN KOTA BENGKULU

Authors

  • Muhammad Khairul Fahmi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ira Yuniati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Pemuda mempengaruhi kelangsungan hidup masyarakat. Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengelola sumber dayanya serta memastikan kapasitas dan kemandiriannya dalam perekonomian. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah suatu bentuk pendidikan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Dalam pengabdian ini mahasiswa diberikan pengalaman belajar untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi. Hal ini selaras dengan fungsi perguruan tinggi sebagai agen pembaharuan. Oleh karena itu, mahasiswa harus dapat bertindak sebagai jembatan (komunikator) dalam proses pembangunan dan penerapan IPTEK pada khususnya. KKN Mandiri Universitas Muhammadiyah Bengkulu tahun 2021 ini mengusung tema Gerakan Nasionanal Revolusi Mental (GNRM). Begitu juga penulis akan mencoba membantu anak-anak di lingkungan kelurahan Padang Harapan ini dalam mendalami ilmu agama seperti belajar mengaji, baca tulis Al-Quran, hafalan surat dan doa, serta memaknai kisah para Nabi. Dalam program kerja, penulis juga akan mengajak masyarakat sekitar bersama-sama gotong royong membersihkan lingkungan sekitar dan mengajak mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Kata Kunci: kegiatan, upaya, mandiri

References

Krisnawati, A., & Farid Ma’ruf, M. (2016). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Konsep Pertanian Perkotaan (Urban Farming) (Studi Pada Kelompok Tani Elok Mekar Sari Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya). Publika, 4(4), 1–11.

Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2), 88. https://doi.org/10.2307/257670.Poerwanto.

PMK, K. (2018). LAKIP Kemenko PMK 2018. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Ukkas, I. (2017). Pengembangan SDM Berbasis Pelatihan Keterampilan Dan Pemberdayaan Pemuda. Prosiding Seminar Nasional, 03(1), 120–125. https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/830/0

Downloads

Published

2022-09-07

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 25 times