PENANAMAN KANGKUNG MENGGUNAKAN MEDIA TANAM JANJANG SAWIT UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN SAYUR MASYARAKAT DESA NANJUNGAN

Authors

  • Vina Gracenia Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Khairul Bahrun Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yudi Partama Putra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ety Arini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Jumlah janjang sawit yang menumpuk di Desa Nanjungan akibat produksi yang dihasilkan oleh Perusahaan CPO menyebabkan jumlah janjang sawit semakin meningkat. Tumpukan menyebabkan banyaknya serangga seperti lalat, dan tumpukan menjadi tidak enak dipandang. Hal ini mengganggu masyarakat yang tinggal di sekitar lahan perkebunan sawit. Tentunya perlu metode untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan praktek penanaman menggunakan tanah janjang sawit sebagai media tanam untuk penanaman sayur kangkung sebagai pangan sayur untuk memenuhi kebutuhan sayur dalam masyarakat desa Nanjungan. Metode kegiatan yang dilakukan adalah dengan edukasi dan praktek dengan sasaran anak-anak sekitar lingkungan rumah. Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah tanaman sayur kangkung yang ditanam dengan menggunakan media tanam tanah janjang. Kemudian dapat melakukan praktek tentang proses tata cara penanaman, perawatan dan panen. Hasil panen yang didapat juga cukup baik yakni sayuran yang dihasilkan besar dan tinggi. Kegiatan yang dilakukan memberikan pemahaman pada anak-anak dalam memanfaatkan tanah janjang sawit agar dapat dimanfaatkan dan dijadikan pengganti tanah gambut dan untuk memenuhi kebutuhan sayur pada masyarakat melalui penanaman sayur kangkung. Selanjutnya, praktek dan edukasi yang diberikan penulis pada akhirnya memberikan kemampuan pada anak-anak untuk menerapkannya di rumah masing-masing.

Kata kunci: tanah janjang sawit, kangkung.

References

Sinuraya, Rufinusta, Hoiruddin Lubis. 2011. Aplikasi Janjang Kosong Hasil Proses Pabrik Kelapa Sawit sebagai Pengganti Pupuk Anorganik MOP di Areal Tanaman Kelapa Sawit Belum Menghasilkan. Jurnal Citra Widya Edukasi 3 (2), 31-36, 2011.

APS. 2021. Harga Sawit Meningkat, Pemprov Bengkulu Perkuat Kerjasama. Diakses di: https://bengkuluprov.go.id/harga-sawit-meningkat. Diakses pada: 30 September 2021.

Lotulung, Garry. 2019. Deretan Daerah dengan Lahan Sawit Terluas, Siapa Juaranya?. Diakses di: https://amp.kompas.com/money/read/2020/02. Diakses pada: 30 September 2021.

Pemda Bengkulu Selatan. 2014. Rencana Terpadu dan Program Investasi Infrastruktur Jangka Menengah Bidang Cipta Karya Tahun 2015-2019. Diakses di: https://sippa.ciptakarya.pu.go.id/sippa_online/ws_file/. Diakses pada: 30 September 2021.

Dr. Meva Nareza. 2021. 5 Manfaat Kangkung yang Sayang Dilewatkan. Diakses di: https://www.alodokter.com/5-manfaat-kangkung. Diakses pada: 30 September 2021.

Loekito, Henry. 2011. Teknologi Pengelolaan Limbah Industri Kelapa Sawit. Jurnal Teknologi Lingkungan 3 (3), 2011.

Sogen, Yasinta, Gustaf Oematan. Analisis Kandungan Zat Besi Sayur Kangkung pada Beberapa Rantai Produksi. Jurnal Pangan Gizi dan Kesehatan 1 (2), 97-102, 2009

Downloads

Published

2022-08-18

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 123 times