PENGABDIAN DI DESA RIAK SIABUN BERBASIS GNRM

Authors

  • Mohammad Rizky Virmansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ade Syanjaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Aris Cahyono Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Edi Prasetyo Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Enika Aprilia Suryaningsih Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rahmah Dwi Masitha Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Tezar Arianto Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan bagian dari sistem pendidikan tinggi, termasuk perguruan tinggi Islam yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Pemberdayaan masyarakat merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dan merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Dengan tetap mempertahankan pemberdayaan masyarakat, mahasiswa diharapkan menjadi lebih dewasa dalam bidang akademiknya. Kaum muda mempengaruhi keberlangsungan hidup masyarakat karena kaum muda menjadi tolak ukur kemajuan dari masyarakat. Gerakan Nasional Revolusi Rohani (GNRM) merupakan upaya kolektif masyarakat Indonesia, baik dalam pemerintahan nasional, dunia usaha maupun masyarakat, untuk mewujudkan langkah-langkah baru menuju kemajuan melalui internalisasi nilai-nilai strategis sarana. Salah satu sasaran pengabdian masyarakat ini yakni di Riak Siabun, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma. Dengan waktu pelaksanaan kurang lebih 30 hari terhitung dari tanggal 26 Agustus - 26 September 2021. metode yang digunakan dalam kegiatan masyarakat yakni metode Pelatihan, sosialisas, penyuluhan dan pendampingan.  Kegiatan yang dilakukan yakni berupa kegiatan bidang keilmuan, bidang keagamaan dan tematik & non tematik berbasis GNRM.

 Kata Kunci: pengabdian, masyarakat, kegiatan

References

Krisnawati, A., & Farid Ma’ruf, M. (2016). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Konsep Pertanian Perkotaan (Urban Farming) (Studi Pada Kelompok Tani Elok Mekar Sari Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya). Publika, 4(4), 1–11.

Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2), 88. https://doi.org/10.2307/257670.Poerwanto.

PMK, K. (2018). LAKIP Kemenko PMK 2018. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Ukkas, I. (2017). Pengembangan SDM Berbasis Pelatihan Keterampilan Dan Pemberdayaan Pemuda. Prosiding Seminar Nasional, 03(1), 120–125. https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/830/0

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 15 times