PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK EMPING MELINJO PADA MASA PENDEMI COVID_19
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v1i1.2509Abstrak
ABSTRAK
Pandemi COVID-19 sampai sekarang masih berlangsung, mewabahnya virus ini tidak hanya menghantam bidang kesehatan serta pelayanan publik, bahkan yang lebih parahnya lagi sangat berpotensi melumpuhkan berbagai sektor kehidupan manusia, termasuk sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Fenomena ini juga sangat berdampak dan dirasakan oleh para pelaku UMKM di Desa Selubuk Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu utara yang jenis usahanya sangat bergantung pada perputaran uang hasil penjualan barang dagangan. Mitra dalam program pengabdian ini adalah Pemerintah Desa Selubuk Kecamatan Air napal Kabupaten Bengkulu utara dan pelaku UMKM. Program kemitraan masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan dalam hal pengelolaan manajemen UMKM, inovasi dan pengembangan yang berkaitan dengan optimalisasi media pemasaran produk yang bertujuan untuk memaksimalkan pemasaran atau penjualan yang akan berdampak pada perekonomian masyarakat secara umum dan sentuhan teknologi dalam proses produksinya. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini pengetahuan dan pemahaman para pelaku UMKM mengenai pengelolaan manajemen UMKM meningkat, penggunaan media sosial (Instagram dan Facebook) dan aplikasi chat (Whatsaap) sebagai media pemasaran juga meningkat, keterampilan. Dengan menggunakan pendekatan yang positif berupa pendekatan partisipatif, reflektif dan inovatif UMKM emping melinjo diharapkan mampu bersaing dengan jenis usaha-usaha yang lain.
Kata kunci : pemanfaatan media, pemasaran
Referensi
PUSTAKA
Pemasaran untuk Meningkatkan Usaha Kecil, Menengah berbasis Industri Kreatif melalui ICT. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 2021(1). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Brand Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2.Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19.
DAFTAR PUSTAKA
https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=10604395