KEGIATAN REBOISASI DI PERUMAHAN GRIYA BETUNGAN

Authors

  • Julia Afriani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Agung Suhadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Pemberdayaan kepada masyarakat merupakan bagian dari sistem pendidikan tinggi termasuk perguruan tinggi Islam yang termasuk dalam tridharma perguruan tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian dan pemberdayaan kepada masyarakat. Penanam pohon memiliki manfaat bagi kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup yang ada. Pesatnya pembangunan di wilayah Betungan ini menyebabkan banyak pohon yang ditebang. Dengan demikian panas bumi meningkat serta jumlah pasokan air dalam tanah semakin berkurang. Oleh karena itu melalui kegiatan KKN dalam Program kerja Menanam Pohon ini mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya pohon atau tumbuhan di sekitar kita. Dengan menanam pohon di sekitar perkotaan dapat menyerap polutan tertentu dan menyaring debu yang banyak kita temukan di udara Kota Bengkulu Khususnya daerah Perum Griya Betungan Asri Kelurahan Betungan ini. Kegiatan menanam pohon ini berhasil dilaksanakan di tiga lokasi berbeda guna menjalankan Program Kerja Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu, ada sebanyak 50 bibit Pohon yang berhasil ditanam. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian lingkungan yang difokuskan pada lokasi KKN mahasiswa KKN yaitu di Kelurahan Betungan, Kota Bengkulu.

Kata Kunci: pemberdayaan, pohon, alam

References

Budi, Triton Prawira. 2006. SPSS13.0 Terapan; Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Budi R, S. W. (2006). Modul 4 Penanaman pohon. ITTO Training Proceedings, 3(May), 25–33.

Krisnawati, A., & Farid Ma’ruf, M. (2016). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Konsep Pertanian Perkotaan (Urban Farming) (Studi Pada Kelompok Tani Elok Mekar Sari Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya). Publika, 4(4), 1–11.

Indriyanto, 2008, Ekologi Hutan, Jakarta, Bumi Aksara.

Pattiwael, M. (2019). Konsep Pengembangan Ekowisata Berbasis Konservasi di Kampung Malagufuk Kabupaten Sorong. Journal of Dedication to Papua Community, 1(1), 42–54. https://doi.org/10.34124/269163

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstract viewed = 36 times