Pembinaan Untuk Memiliki Cita-Cita Yang Tepat Bagi Generasi Masjid As-Salaam

Authors

  • Awang Surya SekolahTinggi TeknologiMuhammadiyah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat-Indonesia
  • Asep Saepudin SekolahTinggi TeknologiMuhammadiyah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat-Indonesia
  • Umar Tsani Abdurrahman SekolahTinggi TeknologiMuhammadiyah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/jams.v3i1.4883

Keywords:

Remaja, Cita-cita, Kelompok Masyarakat

Abstract

Remaja merupakan merupakan kelompok masyarakat yang strategis. Hal ini karena remaja adalah calon penerus kelangsungan kehidupan masyarakat di masa depan. Remaja harus memiliki cita-cita yang tinggi dan jelas. Kenyataannya, tidak semua mereka mempunyai tekad dan usaha yang tinggi untuk meraih cita-cita. Orang yang tidak mempunyai cita-cita tidak akan mengetahui apa yang dilakukannya untuk masa depan. Di lingkungan Perumahan Metland Transyogi mayoritas penghuninya adalah masuk katergori keluarga muda. Sebagian besar anak-anak dari keluarga tersebut adalah remaja. Dari pengamatan pengabdi selama tinggal di Perumahan Metland Transyogi dan hasil diskusi dengan pengurus Generasi Masjid As-Salaam (Genmas) diketahui banyak remaja yang tidak bisa menyebutkan dengan jelas cita-citanya. Berdasarkan permasalahan di atas, maka perlu diadakan kegiatan Pembinaan untuk Memilih Cita-cita bagi Generasi Masjid As-Salaam (Genmas). Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) telah dilaksanakan pada Hari Minggu, tanggal 22 Januari 2023. Tempat pelaksanaan adalah di ruang utama Masjid As-Salaam yang berlokasi di Perumahan Metland Transyogi, Cileungsi. Kegiatan ini diikuti oleh 28 orang remaja yang terdiri dari 20 orang remaja putra dan 8 orang remaja putri. Kegiatan dilakukan dengan metode penyuluhan. Hasil dari kegiatan ini peserta bisa memahami pentingnya cita-cita. Setiap peserta mengetahui jenis kecerdasan yang dimiliki dan bisa memilih cita-cita sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki disertai keyakinan

References

Aldrian, Andhika Illyas Alhafizh et al. 2020. “POCITA: Mengenalkan Cita-Cita Dan Lingkungan Sejak Dini.” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara.

Amanah, Siti. 2007. “Makna Penyuluhan Dan Transformasi Perilaku Manusia.” Jurnal Penyuluhan.

Apriliani, Siwi Pawestri, and Elvira Hoesein Radia. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu.

Arsyad, Arzhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aslati, Aslati, Silawati Silawati, Sehani Sehani, and Nuryanti Nuryanti. 2018.

“PEMBERDAYAAN REMAJA BERBASIS MASJID (Studi Terhadap Remaja Masjid Di Labuh Baru Barat).” Masyarakat Madani: Jurnal Kajian Islam dan Pengembangan Masyarakat.

Budiningsih, Tri esti, and Firmansyah Imam. 2012. “Efektivitas Pelatihan Public Speaking Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Komunikasi Pada Fasilitator Experience Learning (Outbond) PT Hucle Consulting.” Jurnal Psikologi Ilmiah 4(2).

Fauzi, Anis. 2006. “MASJID SEBAGAI PUSAT PEMBINAAN REMAJA.” ALQALAM.

HUSANDI, H A IHSAN, and R Trinanda. 2018. “PERANCANGAN KOMIK EDUKASI ‘RACHEL’S GUITAR ADVENTURE’ SEBAGAI MEDIA MOTIVASI PENTINGNYA MEMILIKI CITA-CITA UNTUK REMAJA.” DEKAVE: Jurnal Desain.

Idris, Irma, Arman Arman, and Afriyanti Gobel. 2019. “Kebiasaan Mengkonsumsi Alkohol Pada Remaja Siswa SMA Negeri 3 Sorong.” Nursing Inside Community.

Kurniadi, Budi. 2018. “Generasi Muda Dalam Perspektif Etika Politik.” Jurnal Sosial Politik Unla.

Kusmiyati. 2022. Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran. 1st ed. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Penelitian dan Pendidikan Indonesia.

Masruroh et al. 2019. “Hubungan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Blok Emergency Medicine Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas.” J Agromedicine.

Purnomowulan, N.R., and Dian Indira. 2021. “KIAT-KIAT HIDUP SEHAT DAN BELAJAR DENGAN SENANG DAN SEMANGAT DI MASA PANDEMI COVID 19 BAGI SISWA SD DAN SMP.” Dharmakarya.

Sawitri, D. 2009. “Pengaruh Status Identitas Dan Efikasi Diri Keputusan Karir Terhadap Keraguan Mengambil Keputusan Karir Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Universitas Diponegoro.” Jurnal Psikologi Undip 5(2).

Sugito, Sugito. 2021. “PENGENALAN ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA.” Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP).

Sukri, Akhmad, and Elly Purwanti. 2016. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI BRAIN GYM.” Jurnal Edukasi Matematika dan Sains.

Susanto, Handy. 2005. “Penerapan Multiple Intelligences Dalam Sistem Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Penabur.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Surya, A., Asep Saepudin, & Umar Tsani Abdurrahman. (2023). Pembinaan Untuk Memiliki Cita-Cita Yang Tepat Bagi Generasi Masjid As-Salaam. JURNAL ABDIMAS SERAWAI, 3(1), 9–19. https://doi.org/10.36085/jams.v3i1.4883
Abstract viewed = 45 times