STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MEUBEL DI KOTA BENGKULU

Agusman Ardin, Rahmat Al Hidayat

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang dihadapi UMKM meubel di Kota Bengkulu, menentukan strategi pengembangan UMKM meubel di Kota Bengkulu. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari pelaku UMKM meubel di Kota Bengkulu pada tahun 2015 dengan menggunakan alat analisis SWOT.

Hasil analisis dengan SWOT dapat disimpulkan bahwa faktor internal dalam strategi pengembangan yang digunakan oleh UMKM meubel di Kota Bengkulu adalah; 1) Faktor Kekuatan (produk bernilai ekonomis tinggi, kualitas produk, sistem kekeluargaan, menjalin kerjasama dengan pemerintah); 2) Faktor kelemahan (teknologi, ketersediaan SDM, kapasitas produksi, modal usaha, promosi produk), untuk faktor eksternal dalam strategi pengembangan yang digunakan oleh UMKM meubel di Kota Bengkulu adalah; 1) Faktor peluang (peningkatan income per kapita, dukungan pemerintah, jumlah penduduk, upah tenaga kerja, stabilitas politik); 2) Faktor ancaman (ketersediaan bahan baku, harga bahan baku, daya beli masyarakat, produk sejenis, tarif dasar listrik dan bahan bakar). Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah strategi SO (Strenghts-Opportunies), yaitu; 1) Memperluas pangsa pasar; 2) Mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan; 3) Meningkatkan kualitas produk.

 

KATA KUNCI:  Strategi, Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bantacut. dkk. 2001. Pengembangan Ekonomi Berbasis Usaha Kecil dan Menengah dalam Kemitraan dan Pengembangan Ekonomi Lokal. Yayasan Mitra Pembangunan Desa-Kota Bussiness Inovation Center of Indonesia, Jakarta.

David, F. R. 2004. Manajemen Strategi: Konsep-konsep. Edisi Sembilan. Indeks. Jakarta.

Dinas Koperasi dan PPKM Kota Bengkulu, 2013. Laporan Hasil Pendapatan Usaha Mikro Dan Menengah Tahun Anggaran 2013 Di Kota Bengkulu. Dinas Koperasi dan PPKM, Bengkulu.

Kinnear, Thomas C. and James R. Taylor. 1995. Marketing Research: An Applied Approach. Fifth Edition. McGraw Hill Text.

Nawawi, Hadari. 1987. Metode Penelitian Bidang Sosial. Universitas Gajah Mada. Pers. Yogyakarta

Prawiro, Radius. 1998, Pergulatan Indonesia Membangun Ekonomi. Pragmatisme Dalam Aksi. PT Elex Media Komputindo . Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sevilla. dkk. 2000. Pengantar Metode Penelitian. Universitas Indonesia. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Umar, H. 2008. Manajemen Strategi in Action. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

https://www.bps.go.id/pressrelease/2012/11/05/65/pada-agustus-2012--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-6-14-persen.html#:~:text=Tingkat%20Pengangguran%20Terbuka%20(TPT)%20di,2011%20sebesar%206%2C56%20persen.

http://www.depkop.go.id/uploads/tx_rtgfiles/Rencana_Kerja_Pemerintah_Tahun_2014.pdf




DOI: https://doi.org/10.36085/jakta.v1i1.825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing and Abstracting