PENGARUH PENGALAMAN KERJA, INDEPENDENSI, DAN KEAHLIAN AUDITOR TERADAP HASIL AUDIT PADA BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN

Authors

  • Gina Lorenza Prodi Akuntansi
  • Erwin Febriansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jakta.v3i2.2844

Abstract

Judul penelitian ini adalah pengaruh pengalaman kerja, independensi, dan keahlian auditor terhadap hasil audit. Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji hasil audit pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan di Provinsi Bengkulu dengan menggunakan variabel bebas, yaitu pengalaman kerja, independensi, dan keahlian auditor terhadap hasil audit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja pada BPKP di provinsi Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sampling jenuh, dan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Metode pengambilan data primer yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil dari pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman kerja, indepensensi, dan keahlian auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil audit. Secara simultan seluruh variabel independen tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit. Peneliti menyarankan untuk penelitian di masa mendatang untuk menambah lebih banyak variabel dan untuk memperluas populasi.

Kata kunci: Pengalaman Kerja, Independensi, Dan Keahlian Auditor Terhadap Hasil Audit

References

Abriyani, Puspaningsih, 2004. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Manajemen Perusahaan Manufaktur. JAAI.

Arens, A.A., RJ Elder, M.S.Beaslley.2003. Auditing and Assurance Service, An Integrated Approach, Preutice hall, New Jersey.

Agus 2014. Pengaruh skeptisisme profesional auditor, situasi audit, indenpendensi, etika, keahlian dan pengalaman terhadap ketepatan pemberian opini auditor di Kantor Akuntan Publik di wilayah Yogyakarta. Jurnal Analisis Muhammadiyah.

Cahyono, Andi, Wijaya, Adi, Domai, Tjahjanulin. (2015). Pengaruh kompetensi, independensi, obyektivitas, kompleksitas tugas, dan integritas Auditor terhadap kualitas. Jurnal Akuntansi.

Dewi, Ajeng citra. (2016). Analisis Pengaruh pengalaman kerja, Kompetensi, dan independensi terhadap kualitas audit . skripsi.

Dian Indri Purnamasari . 2005. Pengaruh Pengalaman Kerja terhadap Hubungan Partisipatif dan Efektifitas Sistem Informasi. Jurnal Riset Akuntansi Keuangan.

Febriansyah, E., Rasuli, M., Hardi, H. (2013). Pengaruh keahlian, independensi, kecermatan Profesional, dengan etika sebagai variabel moderasi Terhadap kualitas auditor pada inspektorat provinsi Bengkulu. Jurnal sorot. https://dx.doi.org/10.31258/sorot.8.1.1-14

Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponogoro

Kuncoro Muudjarad. 2003. Metode Penelitian untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 1. Jakarta: Erlangga.

Kusharyati. 2003. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Jakarta: Salemba

Mulyadi. 2002. Auditing. Jakarta: salemba empat

Rakatama, Panji, 2016. Pengaruh kompetensi dan etika auditor terhadap kualitas audit. Jurnal.Universitas Telkom

Sabrina dan Januarti. 2012. Pengaruh pengalaman terhadap keahlian auditor dalam auditing. Skripsi. Fakultas ekonomi UII Yogyakarta

Sanusi. 2012. Dasar-dasar audit laporan keuangan. Yogyakarta: Erlangga

Suraida, Ida.(2005). Pengaruh Etika, Kompetensi, Pengalaman Audit dan resiko Audit terhadap Skeptisme professional Auditor dan Ketetapan pemberian Opini akuntan Publik. Jurnal Sosiohumaniora.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung (Pendekatan Kuantitatif, dan R&D). Cetakan Kesebelas. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjun,Law Tjun, Elizabeth Indrawati Marpaung dan Santy Setiawan.(2012) .pengaruh kompetensi dan independensi Auditor terhadap Kuaitas Audit. Jurnal Akuntansi .

Wardhani, K. V. (2014) . Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Obyektifitas dan Kompetensi Terhadap kualitas Audit.: Universitas Brawijaya Malang

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Volume 3 Nomor 2, Desember 2022
Abstract viewed = 74 times