Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Pada Siswa SMA Negeri 7 Kota Bengkulu

Authors

  • Atika, Veronica Sari, Siti SD Negeri 5 Bengkulu Tengah

DOI:

https://doi.org/10.36085/bioeduscientific.v2i1.1487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika sisswa dengan penerapan model pembelajartran konteksrtual di SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Secara keseluruhan dari penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 7 Kota Bengkulu dengan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dapat disimpulkan bahwa: Siswa sangat suka dengan pembelajaran contextual teaching and learning, karena pembelajaran contextual teaching and learning mengajak siswa untuk belajar, tidak hanya di dalam kelas juga. Siswa diajak untuk mengenal, memahami, dan melaksanakannya.Aktivitas siswa dalam pembelajaran contextual teaching and learning. Siswa sangat aktif dalam pembelajaran contextual teaching and learning, siswa sangat mengerti dan memahami pembelajaran yang diajarkan.Ketuntasan siswa dalam pembelajaran contextual teaching and learning sangat memuaskan, karena siswa memahami pembelajaran contextual teaching and learning.

Author Biography

Atika, Veronica Sari, Siti, SD Negeri 5 Bengkulu Tengah

SD Negeri 5 Benteng

References

Abdurrahman, M. (2003). Pembelajaran Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rinika Cipta.

Depdiknas (Dalam Janna, 2007 : 18). Penilaian Perkembangan Anak Didik. Diakses dari (http:// lan 43)

Deska, Djoki. 2004. Memahami Contextuaal Teaching For Learning. Gerbang Majalah Edisi 〖10〗^th. Yogyakarta : PT. Cahaya Timur Offset Yogyakarta : PT. Cahaya Timur Offset Yogyakarta.

Dimyati, dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Ditjen Dikdasmen Depdiknas RI. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextuaal Teaching and Learning (CTL)). Jakarta : Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Hull’s D., dan Souders, Jr., J. C. (1996, oktober). “ The Community Colleges Ready for the New Wave of Contextual Learners?â€.Community College Journal. 67, (2), 15 – 17.

Johnson, E.B. (2002). Contextuaal Teaching and Learning : What It Is and Why It Is Here to Stay, California USA : Corwin Press.Inc.

Nasution, 2006. Pengertian pemahaman konsep di akses dari (http :// ian 43)

Rusman. (2012). Tipe-Tipe Pembelajaran : Mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sanjaya . 2008. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikurum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Renika Cipta.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : depdiknas.

Suherman, E, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Komtemporer. Bandung : Universitas Pembelajaran Indonesia.

Downloads

Published

2021-03-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 115 times