Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK Negeri 5 Kota Bengkulu.

Authors

  • Wanirman Wanirman SMKN 5 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/bioeduscientific.v2i1.1485

Abstract

Dalam penelitian ini dipilih model pendekatan pembelajaran kontekstual dengan teknik probing yang bertujuan: (1) mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dengan Teknik Probing. (2) Mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan teknik probing.     Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 5 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 13orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru dan siswa dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh : (1) penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan teknik probing dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Dilihat dari siklus I nilai rata-rata 36,5 dengan kriteria baik, sedangkan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 40,5 dengan kategori baik. (2) Hasil tes untuk berpikir kreatif matematis siswa menunjukkan adanya peningkatan dimana pada pre-test tidak ada siswa dalam kategori baik (B), pada siklus I meningkat menjadi 11 orang siswa dalam kategori baik (B), tetapi masih ada 2 orang siswa mendapat nilai kategori kurang (K). Sedangkan Pada siklus II mengalami peningkatan dimana 23 orang siswa mencapai kategori baik, 9 orang siswa mencapai kategori cukup dan tidak ada lagi siswa yang mendapat kategori kurang dan pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan ≥60% dari jumlah siswa atau kriteria keberhasilan telah mencapai 21 orang siswa telah mencapai kategori baik.

References

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogyakata : Ar-Ruzz media.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Pusat KurikulumBadan Penelitian dan Pengembangan.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta :PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta : Bumi Aksara

Marno dam M. Idris. 2009. Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta:

Ar-Ruzz Media.

Marteni , Sri. 2010. Kreativitas Teknik Probing. Tersedia : Diakses pada tgl 28 April2011dari http://edu-articles.com/Kreativitas-teknik -probing/-cached-seminar.

Mirnawati. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi di Kelas VII SMP Negeri 1 Talang Empat Bengkulu Tengah. Skripsi. Bengkulu : UMB

Munandar, Utami. 1995. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Annak Sekolah. Jakarta.PT. Gramedia

Nita. 2009. Efektivitas Belajar Mengajar Matematika dengan Teknik Probing. Diakses pada tanggal 28 April 2011: http//edu-articles.com/efektivitas belajar-mengajar-matematika-teknik-probing/-cached-seminar.

Nurhadi,dkk. 2004. Pembelajaran Kontektual dan Penerapannya dala KBK. Malang:Universitas Negeri Malang.

Nurkanca, Wayan dan Sumartana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional Surabaya Indonesia.

Pathurrohman, Pupuh dan Sutikno, Subry. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Refika Aditama.

Pembinaan SMA, Direktorat. 2010. Juknis Penyusunan perangkat Penilaian Afektif SMA. Diambil dari : hhtp :// suaidinmath.files. wordpress.com/2011/01/30-juknis-penilaian-afektif-revisi 0104.pdf

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sadiman, Arief dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman.A.M.2005. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : PT. Grafindo Prasada.

Siswono, Yuli Eko, Tatang. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Surabaya : Unesa University Press

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Derektorat Jenderal Pendidikan Nasional.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Renika Cipta.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Sudjana, nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tim Revisi. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi Program Strata-1 FKIP UMB. Bengkulu: UMB.

Wardani, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Widoyoko, E. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Winataputra, dkk. 1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wijaya, M dan Dadan. 1999. Peningkatan Kemampuan Berfikir dan Membaca IlmiahGuru IPA Melalui Pembelajaran dengan Teknik Probing. Diklat PPPPTK. IPABandung.

Downloads

Published

2021-03-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 119 times