PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI PEWARISAN SIFAT DI SMAN 7 KOTA BENGKULU

Authors

  • Miduan Harta SMAN 7 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/bioeduscientific.v2i1.1478

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan hasil belajar siswa dengan penerapan model kooperatif tipe NHT pada materi pewarisan sifat di SMAN 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini terdapat dua tes yang diberikan kepada siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu Pretest untuk mengetahui pengetahuan awal dan Postest mengetahui pengetahuan akhir. Pada siklus I skor presentase rata-rata keaktifan peserta didik adalah 68,33 meningkat pada siklus ke II menjadi 83,33. Hasil tes pada pada pembelajaran Biologi materi Pewarisan  Sifat. Siklus I yaitu 70,90 menjadi 78,93 pada siklus II, dan ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 60,60% menjadi 87,87 % pada siklus II. (KKM 77). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat SMA Negeri 7 Kota Bengkulu.

Author Biography

Miduan Harta, SMAN 7 Kota Bengkulu

SMAN 7 Kota Bengkulu

References

Agus Suprijono. (2009). Coorperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka belajar

Dikmenjur. (2007). Penilaian dan Pelaporan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Nana Sudjana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Suharsimi Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Suwiyadi. 2007. Penerapan Model Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Inovatif Unnes Volume 2 Nomor 2 Hal. 86-89.

Downloads

Published

2021-03-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 279 times